MESKIPUN RASANYA PAHIT TAPI BROTOWALI MENARUH BERBAGAI KHASIAT LUAR BIASA UNTUK KESEHATAN, Mohon Share Ini Ke Orangtua Kamu Yang Ada Dirumah!! Jika Beliau Mengalami Reumatik atau Kencing Manis Si Pahit Inilah OBATNYA!! (((AMPUH)))


Mendengar namanya saja telah mengerikan terlebih rasanya. Ya brotowali memanglah populer akan rasa pahitnya. Untuk ibu meny*usui, brotowali adalah langkah ampuh untuk melepas anak dari AS*I setelah usia yang cukup (Disapih). 

Walau populer akan rasanya yag pahit, brotowali ternyata juga ampuh untuk menyembuhkan sebagian jenis penyakit. Orangtua jaman dulu sering memakai brotowali sebagai obat tradisonal untuk menyembuhkan beragam jenis penyakit. Sepintas batang dari brotowali mirip batang tanaman singkong dengan warna cenderung hitam. 

Rasa pahit yang dihasilkan brotowali adalah akibat dari adanya senyawa pikroretin yang ada di batang brotowali itu. 

Secara umum menurut riset yang sudah dilakukan, brotowali ternyata mempunyai kandungan seperti alkaloid, damar lunak, pati, glikosida pikroretosid, harsa, berberin, serta palmatin. Sedangkan dibagian akarnya mengandung alkaloid berberin serta kolumbin. “Brotowali bermanfaat menyembuhkan beragam penyakit diantaranya, kencing manis (diabetes melitus), demam, radang hati (hepatitis), rematik, sciatika, sakit perut, diare, serta malaria, ”. 

Brotowali juga ampuh menyembuhkan luka, kudis (skabies), serta koreng. Dengan cara tradisional, tanaman ini umum digunakan untuk mengobati gatal-gatal dan menambah nafsu makan. Para penjual jamu gendong umumnya meramu herbal lain yang telah digunakan secara turun temurun. 

Seperti yang di ketahui kandungan alkaloid adalah sejenis zat yang bermanfaat untuk membunuh bakteri pada luka. Zat pahit pikroretin bisa mer*ang*sang kerja urat saraf hingga alat pernafasan bekerja dengan baik serta menggiatkan pertukaran zat hingga bisa menurunkan panas. 

Selain sebagai obat, brotawali juga berfungsi sebagai penambah nafsu makan serta menurunkan kadar gula dalam darah. Sebagai obat, brotowali umum di rebus serta diminum maupun dioleskan pada kulit untuk luka luar. Penyakit-penyakit yang bisa diobati dengan memakai bratawali adalah rheumatic arthritis, rheumatik sendi, demam, demam kuning, kencing manis, malaria, diabetes, dan penyakit luar seperti memar, kudis, serta luka. 

Manfaat Brotowali Untuk Kesehatan : 
-Mengobat Rheumatic arthritis, rheumatik sendi pinggul (sciatica), memar. 
-Mengobati Demam. 
-Menambah nafsu makan. 
-Mengobati Virus demam kuning. 
-Mengobati Kencing manis. 

Manfaat Brotowali Untuk Obat Rematik 
-Potong 1 jari batang brotowali, dibersihkan terlebih dulu, pastikan bahwa Anda memotong batang brotowali sesuai kebutuhan saja. 
-Jika telah dicincang, panaskan 3 gelas air dalam panci, lalu masukkan potongan batang brotowali. 
-Tunggu mendidih serta airnya tersisa 1 1/2 gelas. 
-Diamkan sejenak sampai suhu air dingin, supaya tak terlalu pahit tuang sedikit madu, lalu diminum hingga habis 3 kali sehari masing-masing 1 gelas. 

Manfaat Brotowali Untuk Kencing Manis 
-Padukan pada 1/3 genggam daun sambiloto, daun kumis kucing, 3/4 jari batang brotowali (kurang lebih yang panjangnya 6 cm), lalu potong-potong serta rebus dalam 3 gelas air sampai tersisa 2 gelas. 
-Minum air hasil rebusan setelah makan, sehari 2 kali masing-masing 1 gelas. 
Sama, lakukan juga yang teratur. 

Manfaat Brotowali Untuk Penurun Panas 
-Rebus 2 jari batang brotowali yang telah dicuci kedalam 2 gelas air sampai tersisa 1 gelas. 
-Tunggu mendingin, lalu tambahkan madu secukupnya. 
-Minum airnya 2 kali sehari masing-masing 1/2 gelas.
MESKIPUN RASANYA PAHIT TAPI BROTOWALI MENARUH BERBAGAI KHASIAT LUAR BIASA UNTUK KESEHATAN, Mohon Share Ini Ke Orangtua Kamu Yang Ada Dirumah!! Jika Beliau Mengalami Reumatik atau Kencing Manis Si Pahit Inilah OBATNYA!! (((AMPUH))) MESKIPUN RASANYA PAHIT TAPI BROTOWALI MENARUH BERBAGAI KHASIAT LUAR BIASA UNTUK KESEHATAN, Mohon Share Ini Ke Orangtua Kamu Yang Ada Dirumah!! Jika Beliau Mengalami Reumatik atau Kencing Manis Si Pahit Inilah OBATNYA!! (((AMPUH))) Reviewed by Unknown on 19.50 Rating: 5

LIFESTYLE

LIFESTYLE