TOLONG BAGIKAN !! ((IBU RUMAH TANGGA BACA INI)) BEGINI CARA MEMBEDAKAN MADU ASLI ATAU PALSU,!!!


Sahabat, madu yaitu cairan kental mirip sirup yang dihasilkan oleh lebah. Madu kaya akan nutrisi hingga mempunyai banyak manfaat untuk kesehatan serta kecantikan. Karena kaya akan manfaat, maka madu menjadi popular serta banyak di cari orang. 

Besarnya minat masyarakat akan madu lalu menimbulkan beragam praktik pemalsuan pada madu. Salah satunya dengan memberikan air serta cairan gula pada larutan madu supaya diperoleh volume yang semakin banyak. 

Lalu bagaimana cara untuk mendeteksi madu asli serta madu palsu supaya kita tak tertipu? 

Di bawah ini yaitu cara-cara mendeteksi madu asli serta madu palsu : 

1. Madu asli bila dikocok akan berbuih 
Kocok-kocoklah botol isi madu itu, bila ada sedikit buih berarti madu itu asli. Madu asli sudah melalui proses fermentasi dirumah lebah, hingga bila di kocok akan membuahkan gas, gas inilah yang mengakibatkan buih, karenanya gas akan menekan tutup botol ke atas, hingga bila dibuka akan menimbulkan suara. 

2. Masukan Madu Kedalam Air 
Tuangkan madu ke dalam satu gelas air. Bila madu itu asli madu akan segera jatuh ke dalam gelas, sedang bila madu palsu cenderung akan menyebar serta membuat air keruh, 

Bila madu dicampur air serta diaduk, setelah 20 menit lihat hasilnya. Bila di dasar gelas ada endapan butiran halus berwarna kekuningan, maka madu ini asli. Endapan itu yaitu bee polen atau tepung sari bunga, sedang bila warna endapan itu berwarna coklat, tipis kemunkinan madu itu asli karena endapan kecoklatan itu yaitu ampas dari gula. 

3. Madu asli tak mudah dibekukan 
Uji coba keaslian madu bisa dilakukan dengan cara membekukan. Masukkan madu ke kulkas. Bila madu itu asli, maka madu itu tidak akan membeku. Demikian sebaliknya, bila madu palsu maka akan membeku. 

4. Menuangkan diatas kuning telur 
Tuangkan madu diatas kuning telur, bila madunya asli, maka telur itu akan ter-koagulasi serta tampak seperti matang. Proses pematangan itu disebabkan karena madu mengandung asam, serta telur mengandung protein yang apabila di campur akan menggumpal serta tampak seperti matang. 

5. Bila dibakar/dipanaskan madu asli akan berbusa 
Letakkan madu yang ingin diuji coba keasliannya diatas sendok serta bakar diatas lilin yang menyala di bagian bawah sendoknya. Madu asli itu akan mengeluarkan busa serta akan tumpah. Sedangkan madu yang telah tercampur atau madu palsu, ketika madu itu mendidih busa yang di keluarkan akan lebih sedikit dibandingkan dengan madu asli. 

6. Madu asli tak mudah terserap oleh kertas 
Madu asli mebutuhkan waktu relatif lebih lama untuk terserap pada kertas. Teteskan madu ke permukaan kertas. Madu asli membutuhkan beberapa menit untuk menembus kertas. Sedangkan madu palsu dalam beberapa detik saja bisa menembus kertas. Pemicunya yaitu kadar air didalam madu. Perlu di ketahui madu asli hanya memiliki kadar air paling maksimal sebanyak 20%, karenanya susah menembus pari-pori kertas itu. 


Madu mempunyai banyak manfaat untuk kesehatan serta kecantikan. Untuk memperoleh manfaat yang ada dalam madu tentu kita harus menggunakan madu asli bukanlah madu palsu atau yang telah ditambahkan campuran. Semoga artikel ini bisa membantu untuk membedakan antara madu asli serta madu palsu.
TOLONG BAGIKAN !! ((IBU RUMAH TANGGA BACA INI)) BEGINI CARA MEMBEDAKAN MADU ASLI ATAU PALSU,!!! TOLONG BAGIKAN !! ((IBU RUMAH TANGGA BACA INI)) BEGINI CARA MEMBEDAKAN MADU ASLI ATAU PALSU,!!! Reviewed by Unknown on 16.27 Rating: 5

LIFESTYLE

LIFESTYLE