BACA DAN KETAHUI SEBELUM TERLAMBAT !! INI TANDA DAN GEJALA JANTUNG ANDA DALAM KEADAAN TIDAK SEHAT...


Jantung serta p3mbuluh darah (sistem kardiovaskular) adalah sistem yang kompleks. Bila diumpamakan, jantung berperan seperti reservoir serta pompa utama air, serta p3mbuluh darah berperan seperti pipa-pipa air yang menyalurkan air bersih ke beragam ruang yang membutuhkan. 

Jika ada masalah dengan jantung, maka suplai darah ke berbagai organ tubuh juga turut terganggu, hingga bisa menyebabkan gejala baik pada jantung ataupun di bagian tubuh yang menerima aliran darahnya. 

Indikator kesehatan jantung bisa di ketahui dari ada tidaknya gejala terkait, pemeriksaan fisik serta penunjang yang dibutuhkan. Selain nyeri dada yang khas, beberapa gejala berikut juga dapat menunjukkan ada permasalahan pada jantung : 

1. Kelelahan 
Rasa lelah terus-menerus bisa mengisyaratkan gangguan pada jantung. Keluhan itu seringkali dirasa oleh wanita. Rasa lelah yang disebut terasa sangat berat, berbeda dengan rasa lelah setelah beraktivitas sehari-hari. Keluhan itu bisa berlangsung beberapa hari sebelum terjadi serangan jantung. 

2. Keringat yang berlebihan 
Masalah jantung juga perlu dicurigai jika waktu beristirahat, sedang duduk santai, cuaca tak sedang panas, atau tak beraktivitas berat, Anda justru berkeringat berlebihan seperti setelah berolahraga. 

3. Mual serta tak nafsu makan 
Pada masalah gagal jantung, ada penumpukan cairan didalam rongga perut hingga perut terasa penuh serta nafsu makan ikut menurun. Selain itu ketika terjadi serangan jantung, beberapa orang juga mengeluhkan rasa mual, nyeri pada ulu hati, sampai muntah. 

4. Pusing 
Keluhan sering pusing sampai pingsan bisa berkenaan dengan aritmia (masalah irama jantung). 

5. Bengkak pada anggota tubuh 
Munculnya bengkak terkait dengan retensi (tertahannya) cairan didalam tubuh, sering kali terjadi pada gagal jantung. Awalnya terjadi pada area yang paling jauh dari jantung seperti kaki atau tangan. Bengkak itu disebut dengan edema. Penderita akan mengalami kesulitan menggunakan sepatu, atau saat membuka sepatu akan terlihat indentasi pada area bengkak 

6. Mengorok 
Mengorok bisa berkaitan dengan sleep apnea (berhentinya napas waktu tidur). Sleep apnea meningkatkan resiko serangan jantung 3 kali lipat dalam waktu 5 tahun ke depan. Sleep apnea bisa menyebabkan kerusakan jantung sisi kanan, karena paru-paru bekerja ekstra keras untuk memperlancar jalan napas disebabkan sumbatan jalan napas yang terjadi pada sleep apnea. 

7. Penyakit gigi serta gusi 
Ada kaitan pada kesehatan gigi serta gusi dengan kesehatan jantung. Jika seseorang mengalami penyakit periodontal, bakteri bisa menyebar melalui pembuluh darah menuju organ lain seperti jantung. Di sisi lain, masalah suplai darah menuju gusi bisa menyebabkan terjadinya penyakit periodontal. 

8. Batuk 
Jenis batuk yang disebut disini yaitu batuk yang disertai kesulitan bernapas, disebabkan ada cairan didalam paru-paru. Cairan itu berkenaan dengan ketidakmampuan jantung memompa darah secara normal, hingga darah dapat berakumulasi di paru. 

9. Kecemasan 
Seseorang yang sedang mengalami serangan jantung cenderung mengalami kekhawatiran atau perasaan takut mati. Sebaliknya, rasa kuatir yang berlebihan bisa menyebabkan stres emosional yang juga adalah faktor resiko serangan jantung. 

Ada banyak pemeriksaan yang bisa dilakukan untuk memastikan kondisi keluhan yang ada. Nah, di bawah ini beberapa salah satunya. 

Tak ada satu tes tunggal yang bisa mendiagnosis penyakit jantung. Selain dari ada-tidaknya keluhan diatas, indikator kesehatan jantung Anda juga didasarkan pada wawancara medis riwayat kesehatan Anda serta keluarga, ada faktor resiko penyakit jantung, pemeriksaan fisik, serta pemeriksaan penunjang seperti lab serta radiologi berkenaan. Beberapa pemeriksaan yang sering dilakukan untuk tahu manfaat jantung diantaranya : 

EKG (Electrocardiogram) 
Tes itu menunjukkan kecepatan detak jantung, irama jantung, dan kesibukan listrik jantung. EKG bisa menunjukkan tanda ada kerusakan pada jantung, ada serangan jantung yang sedang berlangsung atau yang telah berlalu. 

X-ray dada 
Radiologi x-ray dada menggambarkan susunan organ didalam dada seperti jantung, paru-paru, serta pembuluh darah. 

Tes darah 
Contoh tes darah yang dibutuhkan untuk tahu fungsi jantung diantaranya kadar kolesterol, gula darah, serta protein khusus otot jantung. Beberapa tes lain yang mungkin dibutuhkan diantaranya echocardiography, stress-test, coronary angiography, dan lain-lain, tergantung pada kondisi jantung Anda. 

Pada prinsipnya, keluhan muncul jika telah terjadi kerusakan pada organ yang terkait. Karenanya lakukan pencegahan sebelum sakit dengan menerapkan gaya hidup sehat, menghindari faktor resiko penyakit jantung, serta melakukan pemeriksaan kesehatan teratur supaya kesehatan jantung Anda terus terjaga.
BACA DAN KETAHUI SEBELUM TERLAMBAT !! INI TANDA DAN GEJALA JANTUNG ANDA DALAM KEADAAN TIDAK SEHAT... BACA DAN KETAHUI SEBELUM TERLAMBAT !! INI TANDA DAN GEJALA JANTUNG ANDA DALAM KEADAAN TIDAK SEHAT... Reviewed by Unknown on 19.37 Rating: 5

LIFESTYLE

LIFESTYLE