INILAH KHASIAT LUARBIASA DAUN DAN AKAR PEPAYA UNTUK MENGOBATI BERBAGAI JENIS PENYAKIT, DIANTARANYA : DAPAT MENGATASI KANKER, RADANG GINJAL Dll..


Pepaya mempunyai nama latin Carica papaya L serta termasuk dalam keluarga Caricaceae. Tanaman ini dimanfaatkan buahnya untuk dikonsumsi karena sifatnya yang manis serta menyegarkan. Selain mengandung banyak air, buah pepaya juga kaya akan vitamin C. Bagian bunga serta daun pepaya muda juga sering digunakan sebagai lalap teman makan nasi serta sambal. 

Selain dapat dikonsumsi, beberapa bagian pohon pepaya juga digunakan sebagai obat tradisional untuk mengobati beragam penyakit. Hampir semua bagian dari pohon pepaya dapat digunakan sebagai obat seperti Daun, Bunga, Biji, Akar, Getah, serta Kulit Pepaya. 

Dalam tanaman pepaya terdapat enzim papain yang berfungsi untuk memperlancar pencernaan. Selain kandungan enzim papain, dalam pepaya juga terdapat sifat antiseptik dimana kandungan ini berfungsi untuk mencegah perkembangbiakan bakteri-bakteri jahat yang hidup di usus kita. Tidak heran, pepaya akan menjadi buah yang paling direkomendasikan untuk mengatasi masalah pencernaan. 

Beberapa senyawa yang di ketahui ada dalam daun pepaya diantaranya Enzym papain, alkaloid karpaina, pseudo-karpaina, glikosid, karposid, sakarosa, dekstrosa, levulosa. Alkaloid karpaina memiliki efek seperti digitalis. Sementara buahnya mengandung ß-karotene, pectin, d-galaktosa, 1-arabinosa, papain, papayotimin papain, fitokinase. 

Manfaat dan Khasiat Daun Pepaya : 

Melunakkan Daging 
Bila ingin memasak daging sebaiknya gunakan daun pepaya, dagingnya menjadi empuk serta enak saat dikunyah. Caranya, hancurkan daun pepaya yang masih basah serta campurkan ke dalam daging yang sudah diiris-iris, namun jangan terlalu banyak karna rasa pahit dari daun pepaya itu dapat membuat daging menjadi tak enak dimakan. 

Menambah nafsu makan 
Tidak sulit membuat ramuan penambah nafsu makan ini, siapkan daun pepaya segar seukuran telapak tangan, sedikit garam, serta air hangat 1/2 cangkir. Semua bahan dicampur, ditumbuk atau diblender, lalu disaring untuk di ambil airnya lalu diminum. Ramuan ini aman, bahkan untuk anak-anak sekalipun. 

Mencegah kanker 
Dari beberapa riset dijelaskan, batang serta daun pepaya mengandung banyak getah putih seperti susu (white milky latex), yang berpeluang di kembangkan sebagai antikanker, seperti diambil dari Journal Society of Biology. Getah ini otomatis diperoleh waktu kita mengkonsumsi daun pepaya, dimasak dengan cara apapun. 

Menghilangkan jerawat 
Ternyata daun pepaya dapat juga digunakan untuk mengatasi jerawat. Caranya, ambil 2-3 lembar daun pepaya tua. Jemur sebentar lalu tumbuk hingga halus. Kemudian, tambahkan satu 1/2 sendok air. Lalu oleskan ramuan itu di bagian wajah yang terkena jerawat seperti menggunakan masker. Biarkan beberapa saat, lalu basuh sampai bersih. 

Mengontrol tekanan darah 
Caranya, ambillah lima lembar daun pepaya, rebus dengan 1/2 liter air. Rebus selalu sampai tinggal tiga perempatnya. Dinginkan sebelum diminum. Bila perlu, tambahkan gula merah atau madu supaya terasa lebih manis. 

Mengobati demam berdarah 
Untuk penderita demam berdarah, atau yang sedang mengalami gejala demam berdarah sangatlah dianjurkan untuk mengkonsumsi daun pepaya. Karena daun pepaya mempunyai kandungan yang dapat menyembuhkan atau menetralisir gejala demam berdarah yang disebabkan oleh nyamuk. 

Caranya, campur lima lembar daun pepaya, temulawak, meniran secukupnya, serta gula merah. Rebus sampai masak, lalu dinginkan sebelum diminum. 

Berikut Manfaat Akar Pepaya Untuk Kesehatan Tubuh : 

1. Obat Sakit Kandung Kemih 
Sakit kandung kemih dapat diobati menggunakan obat tradisional akar pepaya. Caranya akar pepaya yang telah kering dipotong potong sebanyak 10 gr. Rebuslah akar pepaya itu dengan 100 ml air selama 20 menit serta masukan bawang putih yang telah dipotong potong. Angkat, saring serta biarkan dingin. Minumlah ramuan itu 3 kali sehari dengan teratur. 

2. Obat Reumatik 
Bahan : -Akar pepaya 30 gram 
 -Daun sambiloto 20 gram 
 -Daun sirih 30 gram 
 -Jeruk nipis 20 gram 
 -Daun ketepang cina 15 gram 
 -Cabe rawit 6 buah. 
Caranya : Haluskan akar pepaya serta potong potong bahan yang lain. Lalu semua bahan itu di rendam dengan alkohol 75% selama 1 minggu. Sehabis di rendam 1 minggu peras serta saring. Gunakan air perasannya sebagai obat urut di bagian yang sakit. Lakukan sehari 3 kali dengan teratur. 

3. Obat Penyakit Ginjal 
Penyakit ginjal yang termasuk kedalam penyakit serius dapat diobati dengan obat tradisional alami akar pepaya. Karena dalam akar pepaya terdapat zat yang dapat digunakan untuk penyakit ginjal. Caranya cukup mudah ambillah akar pepaya kering secukupnya lalu bersihkan dan potong potong menjadi beberapa potong. Setelah dipotong potong akar pepaya itu di rebus dengan 1 liter air hingga air rebusannya tersisa separuhnya. Saring serta dinginkan dan tambahkan madu secukupnya. Minumlah ramuan itu dengan teratur. 

4. Mencegah Terkena Resiko Radang Ginjal 
Cegahlah sejak dini supaya terhindar dari radang ginjal menggunakan obat tradisional akar pepaya. Menurut para pakar, akar pepaya dapat mencegah radang ginjal. Siapkan akar pepaya sebanyak 20 gr, kumis kucing 10 gr, 20 gr akar alang-alang serta cuci bersih. Rebuslah semua bahan itu kedalam 700 ml air hingga air rebusannya tinggal setengahnya. Saring dinginkan dan tambahkan madu secukupnya. Minumlah ramuan itu dengan teratur 2 kali sehari. 

5. Mengobati Cacingan 
Bahan : -Akar pepaya 15 gram 
             -Bawang putih ½ gram 
Caranya : Cuci bersih semua bahan serta potong menjadi beberapa bagian. Rebuslah semua bahan itu selama 15 menit dengan 100 cc air. Setelah disaring serta dingin minumlah ramuan itu hingga habis. 

6. Minuman Penyegar 
Akar pepaya dapat juga digunakan sebagai minuman penyegar tubuh. Bila kita habis beraktivitas atau melakukan sesuatu yang menguras tenaga tentu tubuh akan mengalami kecapean atau lelah. Cobalah ramuan dari akar pepaya sebagai obat untuk menyegarkan kembali tubuh kita menjadi fit. Caranya bersihkan 2 potong akar pepaya serta 1 lembar daun pepaya lalu dihaluskan. Setelah benar-benar halus, kedua bahan itu di rebus dengan 1 liter air hingga benar benar mendidih. Angkat, saring serta dinginkan. Janganlah lupa supaya lebih segar dapat dicampurkan madu atau jahe. 

Semoga apa yang sudah kami berikan tentang Manfaat Akar Pepaya untuk Kesehatan berguna untuk kita semua. Selamat mencoba serta ingat “Kesehatan sangatlah mahal jadi ingat sehat sebelum sakit”.
INILAH KHASIAT LUARBIASA DAUN DAN AKAR PEPAYA UNTUK MENGOBATI BERBAGAI JENIS PENYAKIT, DIANTARANYA : DAPAT MENGATASI KANKER, RADANG GINJAL Dll.. INILAH KHASIAT LUARBIASA DAUN DAN AKAR PEPAYA UNTUK MENGOBATI BERBAGAI JENIS PENYAKIT, DIANTARANYA : DAPAT MENGATASI KANKER, RADANG  GINJAL Dll.. Reviewed by Unknown on 08.00 Rating: 5

LIFESTYLE

LIFESTYLE