Ingin Awet Muda Dan Mencegah Penyempitan Pembuluh Darah? Daging Jangkriklah Solusinya!!


Ada yang belum tahu atau belum pernah melihat jangkrik? Jangkrik memiliki bentuk seperti gambar dibawah ini. Jangkrik termasuk dalam kelas insecta dengan nama latin Gryllus sp dan berbentuk hemimetabola di mana sistem metamorfosisnya tak sempurna. 

Mulut jangkrik bertipe pengunyah, mempunyai 2 gunakan sayap yang mana sayap depan lebih tebal dan di kenal sebagai tegumina, sedangkan sayap belakang lebih tipis seperti membran dan dilipat dibawah sayap depan. 

daging jangkrikSerangga ini bisa hidup di lingkungan kering maupun lingkungan yang basah, terutama lingkungan yang berumput. Jangkrik termasuk hewan noktural dan bisa keluarkan bunyi yang merdu saat teguminanya saling bersentuhan. 

Jangkrik untuk makanan 

Jangkrik pada awalnya dimanfaakan sebagai pakan burung baik diberikan secara utuh maupun dijadikan tepung terlebih dulu. Tetapi di beberapa daerah, jangkrik bukan hanya dijadikans sebagai makanan burung namun juga dijadikan sebagai makanan yang enak dan berguna. Misalnya, sate jangkrik, rempeyek jangkrik, nasi goreng jangkrik, kerupuk jangkrik, bahkan biskuit jangkrik. 

Kandungan Daging Jangkrik 

Komposisi daging jangkrik sudah di teliti dan berdasarkan Riset & Pengetahuan (Litbang) ASTRIK (Asosiasi Peternak Jangkrik Indonesia) didapat bahwa jangkrik memiliki banyak manfaat. 

Gizi Hormon 

Jangkrik mengandung 105. 49 ppm hormon progesteron, 31. 78 ppm testoteron, dan 259. 535 ppm estrogen, dan bisa dijadikan sumber energi dengan energi yang dihasilkan sebesar 4. 87 kalori/gr. 

Protein 

Protein yang ada pada jangkrik yang sudah di proses menjadi tepung juga sangat tinggi yakni 57. 32%. Selain itu seluruhnya, jangkrik juga mengandung DHA9 asam amino yang dibutuhkan untuk sistem pembentukan sel, glutation (GSH) yang bermanfaat untuk antioksidan pada tubuh, DHA, ARA, Omega 3, dan Omega 6 yang baik untuk perkembangan kecerdasan otak anak-anak. 

Beberapa manfaat daging jangkrik yaitu seperti berikut : 

Tepungnya menyerupai jamu, dapat menambah stamina! 
Daging jangkrik yang sudah dikeringkan dan lalu di proses menjadi tepung, bisa digabungkan dengan bahan-bahan berbentuk ramuan alami hingga bakal membuahkan produk yang dapat meningkatkan stamina serta kesehatan kita. 

Protein yang jauh lebih banyak 
Protein yang ada dalam daging jangkrik jauh lebih banyak daripada protein yang ada pada ayam, sapi, dan udang. Protein sangat utama untuk tubuh manusia sebagai enzim, tingkatkan pertahanan tubuh dan imunisasi tubuh, membantu perkembangan anak-anak, membuat jaringan pada tubuh, dan mencegah penyakit kwashiorkor dan marasmus yang dikarenakan oleh kekuragan protein. 

Jangkrik pencegah penyempitan pembuluh darah! 
Protein dan asam-asam amino yang ada pada jangkrik dapat mencegah terjadinya penyempitan pembuluh darah. Pas untuk mencegah penyakit yang terkait dengan penyempitan pembuluh darah seperti stroke. 

Vi*tal*itas juga dapat bertambah dengan konsumsi daging jangkrik 
Daging jangkrik dapat meningkatkan vitalitas baik pria maupun wanita. Diluar itu, untuk wanita, daging jangkrik juga dapat tunda menopouse. 

Baik untuk pertumbuhan dan perkembangan anak! 
Protein yang ada pada daging jangkrik sangat baik untuk anak-anak yang tengah dalam saat perkembangan. Perubahan otak anak juga bisa ditingkatkan dengan konsumsi daging jangkrik. 

Ingin awet muda? Daging jangkriklah solusinya 
Daging jangkrik bisa mencegah penuaan karena ada protein collagen yang dapat mepertahankan elastisitas persendian tulang, sel kulit, kornea mata, dan mencegah penyakit katarak, hingga kita dapat lebih awet muda. 

Selain untuk manusia, daging jangkrik juga bermanfaat untuk burung berkicau 
Daging jangkrik dapat meningkatkan kekuatan suara burung berkicau dan mempercepat kekuatan burung untuk berkicau. Untuk indukan, daging jangkrik akan berguna untuk mempercepat produktivitas telurnya. 

Bukan sekedar burung dan manusia yang memperoleh manfaat dari jangkrik, ikan hias juga butuh di beri pakan jangkrik. 
Ikan hias yang di beri pakan jangkrik akan mempunyai warna yang lebih tajam dan perubahan badannya jauh lebih cepat karena daging jangkrik mengandung kalsium dan mineral. Jenis ikan yang suka menyantap jangkrik diantaranya oscar, alligator gal, piranha, toman, arwana, louhan, dan sebagainya. 

Daging Jangkrik, Halal Atau Tidak? 

Manfaat daging jangkrik terbukti bukan sekedar sedikit saja hingga patut nih kita cobalah untuk mengkonsumsi. “Halal tak sih? ”, pertanyaan itu pasti nampak saat kita akan mengkonsumsinya. Daging jangkrik halal untuk kita mengkonsumsi dan sudah tercatat dan memperoleh sertifikat kesehatan dari MUI, jadi daging jangkrik aman untuk di mengkonsumsi. 

Kebanyakan masyarakat di Indonesia masih terasa aneh untuk konsumsi daging jangkrik karena lihat bentuknya yang berbeda dari daging yang umum dikonsumsi dan mengingat awalnya jangkrik hanya dikonsumsi oleh ikan hias, burung, ataupun ayam. Sebenarnya, daging jangkrik enak bila sudah diolah menjadi makan yang umum kita konsumsi. 

Jangkrik yang akan di proses terlebih dahulu digongseng (digoreng tanpa memakai minyak) agar lebih gurih. Jangkrik kering pun lalu bisa di proses, misalnya jadikan sebagai rempeyek, sate, biskuit, ataupun kombinasi dalam nasi goreng atau olahan yang lain. 

Mengelola Jangkrik Menjadi Makanan 

Berikut beberapa ide untuk memproses daging jangkrik menjadi makanan yang enak tetapi kaya manfaat. 

Cheese Stick Cheekrik 
Biskuit stik keju yang gurih dari daging jangkrik. Jangkrik yang dipakai yaitu jangkrik yang berumur 20 hari dengan maksud agar tidak ada sayapnya. Sayap jangkrik tak mudah diolah oleh tubuh, hingga sebaiknya dibuang jika jangkrik yang akan di proses sudah bersayap. 

Pertama-tama, jangkrik disiram dengan air panas untuk keluarkan kotorannya dan lalu di rebus selama 15 menit. Jangkrik itu lalu dicuci berulang kali hingga bersih dari lendir berwarna hijau. Jangkrik yang sudah bersih lalu dihaluskan dan digabungkan ke dalam adonan cheese stick yang terdiri dari mentega telur, dan terigu yang sudah diadon hingga rata. Adonan yang sudah tercampur rata, lalu diciptakan dan digoreng hingga jadilah Cheese Stick Cheekrik. 

Rempeyek Jangkrik 
Rempeyek jangkrik di buat dengan menggunakan bahan baku rempeyek biasanya. Hanya saja bila umumnya kita menggunakan udang, kacang, atau teri sebagai tambahan rempeyek, maka itu seluruhnya bisa ditukar dengan daging jangkrik yang sudah dikeringkan. Rempeyek jangkrik sudah banyak di jual dan bahkan sudah tiba ke Istana, lho. 

Nasi Goreng Jangkrik 
Nah, bila ingin konsumsi daging jangkrik sebagai lauk, kita bisa coba nasi goreng jangkrik. Bila biasanya nasi goreng dicampurkan dengan telur, ayam, daging, atau udang, coba ubah dengan daging jangkrik. Nasi goreng pun akan merasa lebih nikmat, gurih, dan berguna. Bahkan menu ini sudah ada di restoran-restoran lho, terutama di Surabaya.
Ingin Awet Muda Dan Mencegah Penyempitan Pembuluh Darah? Daging Jangkriklah Solusinya!! Ingin Awet Muda Dan Mencegah Penyempitan Pembuluh Darah? Daging Jangkriklah Solusinya!! Reviewed by Unknown on 09.45 Rating: 5

LIFESTYLE

LIFESTYLE