Untuk Anda Para Ibu, Jangan Panik Saat Bayi Tersedak!! Sebaiknya Lakukan 7 Hal Ini Yang Dapat Membantu Si Bayi,!!


Tersedak lazim terjadi pada bayi yang usianya dibawah enam bulan. Hal itu terjadi karena pada usia ini refleks menelan si bayi belum sempurna. Rongga pernapasannya juga belum mampu membesar dengan cara maksimal hingga ia belum dapat mengatur jalannya udara, cairan, atau makanan padat yang masuk ke mulut. 

Masalah bayi tersedak, yaitu masuknya benda asing ke dalam saluran pernafasan (tenggorokan) serta saluran paru-paru (bronkus), tidak bisa disepelekan oleh orangtua. Apabila dibiarkan terlalu lama, tersedak bisa mengakibatkan radang paru-paru atau pneumonia. Waktu tersedak, bayi mengalami batuk sampai muntah sebagai reaksi tubuh dalam usaha mengeluarkan benda yang tertelan. Apabila sebagian dari cairan muntah atau benda asing yang tertelan tadi masuk ke paru-paru, bisa muncul radang paru. 

Tidak hanya itu, apabila serpihan makanan atau cairan masuk ke saluran pernapasan, jalan udara dapat tertutup. Mengakibatkan, bayi bisa mengalami gagal nafas. Dampak dari gagal napas ini berbagai macam, dari bayi membiru sampai ketidaksadaran. 

Berikut langkah ­langkah pertolongan pertama yang perlu anda berikan apabila si kecil tersedak 
 :

Pertama, Tengkurapkan Si kecil tepat di lengan bawah anda dengan menyangga leher serta dagunya memakai jari­jari anda. Posisikan bayi dengan kepala lebih rendah dari dadanya. 

Kedua, Tepuk atau pukul dengan halus punggungnya tepat di bagian antara tulang belikat sebanyak 5 kali. 

Ketiga, Bila tak ada benda yang dimuntahkan atau keluar dari mulutnya, segera telentangkan bayi anda serta tempatkan diatas meja atau lantai yang permukaannya rata. 

Keempat, Letakkan 3 jari anda ditengah tulang dadanya lalu tekanlah dengan cara cepat sebanyak 5 kali. 

Kelima, Berikanlah 4 kali tepukan dipunggung serta 5 kali tekanan di dada. Ulangilah sistem ini sampai benda itu benar­benar dimutahkan atau dikeluarkan hingga anak anda bisa kembali bernapas. 

Keenam, Bila bayi anda tiba ­tiba pingsan, segera lakukan tindakan CPR (bantuan napas). Selama memberi bantuan napas, coba mencari benda di dalam mulutnya serta mengeluarkan. Jangan memasukan jari ­jari anda terlalu dalam sampai tenggorokannya, karena anda malah membuat benda itu semakin kedalam. 

Ketujuh, Apapun hasilnya segera periksakan kesehatan si kecil supaya tak terjadi hal yang lebih serius.
Untuk Anda Para Ibu, Jangan Panik Saat Bayi Tersedak!! Sebaiknya Lakukan 7 Hal Ini Yang Dapat Membantu Si Bayi,!! Untuk Anda Para Ibu, Jangan Panik Saat Bayi Tersedak!! Sebaiknya Lakukan 7 Hal Ini Yang Dapat Membantu Si Bayi,!! Reviewed by Unknown on 08.58 Rating: 5

LIFESTYLE

LIFESTYLE