Wajib Baca !! Ketahuilah Ini Khasiat Luar Biasa Daun dan Akar Awar-awar yang Harus Kamu Tahu, Mengatasi Berbagai Masalah Kesehatan! TOLONG DIBAGIKAN YA GUYS!!


Tanaman awar-awar mungkin terdengar asing oleh sebagian besar orang tetapi siapa sangka tumbuhan ini ternyata banyak mengandung manfaat untuk kesehatan ataupun kecantikan. Tumbuhan awar-awar sebenarnya sangatlah mudah di peroleh karena bisa tumbuh dengan mudah ditempat yang subur. Bila anda suka mencermati kebun, mungkin akan menemukan tanaman sehat yang satu ini. 

Istilah tanaman awar-awar memang berasal dari bahasa jawa tetapi di daerah yang lain tumbuhan yang satu ini dapat mempunyai nama khasnya seperti di daerah ambon yang disebut sebagai sirih popar, loloyan pada daerah minahasa, ki ciyat di daerah sunda, bar-abar di daerah Madura, tobotobo di daerah makasar, dausalo di daerah bugis serta ada banyak nama khas sesuai degan daerahanya masing-masing. 

Karakteristik Tumbuhan Awar-awar 

Tumbuhan awar-awar ini termasuk dalam divisi sprematophyta pada sub divisi angiospermae. Tumbuhan awar-awar juga ada didalam kelas dicotyledonae, bangsa urticales, suku moraceae, marga ficus serta jenis ficus septic burm. Nama latin dari tumbuhan awar-awar yaitu ficus septic. 

Ciri-ciri tumbuhan awar-awar ini yaitu pohonnya seperti semak dengan ketinggian maksimal 1 sampai 1, 5 meter saja. bentuk batangnya bengkok-bengkok tetapi tak beruas. Daunnya berseling serta saling bertemu dengan bentuknya elips atau bulat telur, warna daunnya hijau mengkilap dan ada bintik-bintik pucat di sepanjang permukaan daunnya. Tumbuhan ini banyak ditemukan di daerah pulau jawa serta Madura tetapi juga sangatlah banyak di daerah sumatera serta Kalimantan. 

Bunga dari tumbuhan awar-awar ini adalah bunga majemuk dengan susunan periuknya saling berpasangan, warnanya hijau muda serta abu-abu. Diameter bunganya sekitar 1. 5 sampai 2 meter saja. didalam tumbuhan awar-awar ada bunga jantan serta bunga betina yang melakukan perkawinan sampai mengasilkan buah awar-awar. 

Dalam bagian tumbuhan awar-awar, terdapat banyak bagiannya yang sangatlah bagus serta bermanfaat untuk tubuh manusia. Salah satu bagian yang paling populer dalam dunia penyembuhan herbal yaitu bagian daunnya. Daun awar-awar mempunyai manfaat yang sangatlah bagus serta merupakan salah satu jenis penyembuhan yang dapat digunakan sebagai salah satu penyembuhan herbal tanpa efek samping. 

Di bawah ini sebagian manfaat yang dapat diperoleh dari daun awar-awar : 

1. Menyembuhkan sakit herpes, sakit kepala serta rematik 
Cara menggunakan daun awar-awar untuk menyembuhkan sakit herpes, sakit kepala serta rematik sangatlah mudah. Anda tinggal menyediakan daun awar-awar secukupnya lalu, tumbuk daun itu hingga berbentuk pasta. Bila telah siap lalu berikan di bagian tubuh yang gatal serta di bagian kepala bila anda mengalami sakit kepala. 

2. Menyembuhkan bisul serta gatal-gatal 
Untuk menyembuhkan gatal-gatal serta bisul dengan menggunakan daun awar-awar ini dapat sangatlah mudah yakni dengan mengambil kurang lebih 5 gr daun awar-awar saja serta lalu diasapi sampai menjadi layu. Ketika daun telah layu lalu tumbuk dengan menggunakan penumbuk sampai halus. Bila sudah dalam berbentuk pasta lalu oleskan ramuan itu pada daerah bisul serta tubuh yang gatal. Bila anda ingin memperoleh hasil yang maksimal sebaiknya anda melakukannya dengan teratur setiap hari sampai sakit sembuh. 

3. Sebagai penangkal gigitan ular 
Bila anda mengalami serangan ular berbisa, anda dapat menggunakan daun awar-awar ini untuk menangkalnya dengan cara menumbuknya juga. Tetapi ini bukanlah sebagai penyembuhan sebaiknya bila anda tidak tahu betul apa jenis ular yang menyerang sebaiknya segera larikan ke dokter untuk memperoleh penyembuhan yang lebih intensif. 

4. Radang usus buntu 
Daun awar-awar dapat juga membantu mengurangi radang usus buntu yang sangatlah berbahaya untuk anda. 

5. Penangkal mual 
Bila anda sedang hamil muda serta mengalami mual serta muntah, anda dapat menggunakan ramuan daun serta akar awar-awar yang di rebus bersama. Lalu disaring akan menjadi obat mual serta muntah yang sangat manjur. 

6. Menyembuhkan bengkak 
Bagian getah tumbuhan awar-awar juga sangatlah efektif dalam menyembuhkan bengkak di tubuh. Anda hanya tinggal menempelkan getah dibagian tubuh yang mengalami pembengkakan serta anda akan memperoleh hasil yang memuaskan.  

7. Mengatasi sembelit 
Bila anda mengalami permasalahan sulit buang air besar sebaiknya anda janganlah menggunakan obat pencahar karena efek dalam jangka panjang akan sangatlah berbahaya. Cara yang lain anda dapat menggunakan buah awar-awar untuk mengatasi sembelit karena dapat digunakan sebagai obat pencahar alami serta yang pasti tak mempunyai efek samping untuk tubuh.

Sedangkan Akar Awar-awar digunakan untuk penawar racun ikan serta penanggulangan asma, cara penggunaanya dengan cara menumbuk akar awar awar serta adas pulowaras, lalu perasan airnya bisa diminum. Bila ditumbuk dengan segenggam akar alang-alang serta airnya diperas adalah obat pemicu muntah yang sangat manjur.

Demikianlah beberapa faedah serta manfaat yang ada didalam tumbuhan awar-awar baik dibagian daun, akar ataupun getahnya. Anda dapat coba menanam tumbuhan ini agar dapat menjadi persediaan obat herbal anda. Saat ini penyembuhan herbal dan alami memang sedang menjadi perhatian karena obat kimia telah banyak mempunyai efek samping yang tidak baik terlebih bila digunakan dalam jangka waktu yang panjang. jadi, tunggu apalagi anda tak perlu ragu bila ingin menggunakan daun awar-awar sebagai obat herbal.
Wajib Baca !! Ketahuilah Ini Khasiat Luar Biasa Daun dan Akar Awar-awar yang Harus Kamu Tahu, Mengatasi Berbagai Masalah Kesehatan! TOLONG DIBAGIKAN YA GUYS!! Wajib Baca !! Ketahuilah Ini Khasiat Luar Biasa Daun dan Akar Awar-awar yang Harus Kamu Tahu, Mengatasi Berbagai Masalah Kesehatan! TOLONG DIBAGIKAN YA GUYS!! Reviewed by Unknown on 07.39 Rating: 5

LIFESTYLE

LIFESTYLE