AWAS !! Penyakit Lupus Mengintai Anda., Inilah Gejala dan Penyebab Penyakit Lupus Beserta Cara Pengobatannya,, Mohon di Sebarluaskan


Lupus, ini bukan perihal film zaman dulu yang cukup digemari para remaja waktu itu. Tetapi ini perihal penyakit autoimun yang menyerang organ tubuh sendiri. Untuk lebih tau tentang lupus, yuk simak penjelasan di bawah ini secara lengkap. 

1. Pengertian Penyakit Lupus 
Lupus adalah penyakit inflamasi kronis yang penyebab utamanya yakni sistem kekebalan tubuh yang malah menyerang organ serta jaringan tubuh sendiri. Sisi tubuh yang terserang disebabkan lupus diantaranya : 

-Kulit 
-Sendi 
-Sel darah 
-Paru-paru 
-Jantung 

2. Tipe-tipe Penyakit Lupus 

Ada tiga tipe penyakit lupus, yakni : 

Lupus Eritematosus Sistemik (systemic lupus erythematosus/SLE) 
Inilah jenis lupus yang seringkali dirujuk sebagai penyakit lupus. Jenis lupus ini bisa menyerang jaringan serta organ tubuh apa pun dari gejala yang ringan hingga gejala parah. 

Lupus Eritematosus Diskoid (discoid lupus erythematosus/DLE) 
Biasanya, jenis lupus ini hanya menyerang kulit. Tetapi bukan berarti tidak bisa menyerang organ tubuh yang lain. 

Lupus Disebabkan Penggunaan Obat 
Setiap yang pasti berlainan pada efek samping yang dikarenakan obat. Ada lebih dari 100 jenis obat yang mengakibatkan muncul efek samping seperti gejala penyakit lupus. 

3. Gejala Penyakit Lupus 
Karena biasanya masalah penyakit lupus jenis SLE, maka beberapa gejala yang dibicarakan di bawah ini adalah gejala penyakit lupus tipe SLE. Di bawah ini gejala utama yang sering muncul : 

Rasa Lelah yang Ekstrem 
Gejala yang paling umum dikeluhkan penderita lupus SLE yakni rasa capek yang sangat ekstrem. Gejala ini membuat si penderita tidak bisa beraktivitas seperti harusnya. Bila memaksakan untuk beraktivitas, maka penderita lupus SLE akan merasakan sangat lelah. 

Ruam pada Kulit 
Satu lagi ciri khas dari lupus SLE yakni ruam pada pipi serta batang hitung. Ruam ini akan membuat seperti kupu-kupu hingga dimaksud butterfly rash. Selain pipi serta hidung, sisi tubuh yang lain yang ditumbuhi ruam yakni tangan serta pergelangannya. 

Nyeri pada Persendian 
Gejala paling utama yang lain dari lupus SLE yakni rasa nyeri yang nampak pada persendiaan tangan serta kaki. Rasa nyeri ini cepat beralih dari sendi ke sendi yang lain. Tetapi rasa nyeri ini tak membuat sendi cacat permanen. 

4. Penyebab Penyakit Lupus 
Sistem kekebalan tubuh sejatinya untuk melindungi tubuh dari infeksi yang masuk. Tetapi sistem kekebalan tubuh penderita lupus SLE malah menyerang balik sel, jaringan bahkan organ tubuh yang sehat milik sendiri. Beberapa ahli masih belum menemukan pemicu hal ini dapat terjadi. Tetapi beberapa besar ahli menyampaikan bahwa lupus SLE dikarenakan oleh beberapa aspek di bawah ini : 

Pengaruh Genetika 
Aspek ini banyak dipercayai oleh beberapa ahli karena ada riset yang menunjukkan bahwa bila ada anak kembar idenktik yang menderita lupus SLE, maka resiko saudaranya terserang penyakit yang sama setinggi 25%. 

Pengaruh Lingkungan 
Aspek lingkungan dapat juga menyebabkan orang-orang menjadi rentan menderita lupus SLE. Walau belum dapat dibuktikan secara luas, tetapi aspek-faktor itu meliputi : 

-Perubahan hormon pada wanita, contoh waktu pubertas atau hamil 
-Paparan pada cahaya matahari 
-Obat-obatan pemilu lupus disebabkan obat. Bisa berhenti bila mengkonsumsi obat dihentikan. 

5. Diagnosis Penyakit Lupus 
Gejala lupus SLE mirip dengan penyakit yang lain hingga sulit untuk mendiagnosisnya. Karenanya dibutuhkan diagnosis khusus agar segera bisa dilakukan aksi setelah itu hingga tak jadi lebih kronis. Diagnosis yang bisa dilakukan yakni dengan tes darah. Tes darah yang bisa digunakan yakni tes antibodi anti-nuklir, tes antibodi anti-DNA, serta tes komplemen C3 dam C4. Selain tes darah, mungkin anda dapat juga mendiagnosis organ dalam dengan USG, rontgen atau CT-Scan. 

6. Pengobatan Penyakit Lupus 
Lupus SLE tidak bisa sembuh. Tetapi dengan penyembuhan ini bertujuan untuk mengurangi tingkat gejala serta mencegah kerusakan organ dalam dan meminimalkan efek yang diakibatkan dalam kehidupan penderita lupus SLE. Penyembuhan yang bisa ditempuh yakni : 

Menghindari Paparan Sinar Matahari 
Kulit penderita lupus harus ekstra dilindungi dari cahaya matahari. Karena ruam pada kulit akan bertambah parah bila terpapar cahaya matahari. 

Obat Anti Inflamasi Nonsteroid 
Obat ini bisa meredakan sakit pada sendi atau otot yang enteng. Namun mesti dengan resep dari dokter. 

Kortikosteroid 
Obat ini akan diberikan dokter bila penderita telah mengalami gejala yang kronis. 

Hydroxychloroquine 
Obat yang biasa diberikan kepada yang terserang malaria ini bisa pula menyembuhkan nyeri sendi serta otot, kelelahan serta ruam pada kulit yang disebut gejala utama penderita lupus SLE. 

Obat Imunosupresan 
Obat ini bisa menekan kemampuan sistem kekebalan tubuh yang menyerang jaringan serta organ tubuh sendiri. 

Rituximab 
Obat ini adalah jenis obat baru yang awalnya untuk perlakuan kanker darah. Tetapi cukup efektif menangangi penyakit autoimun. Tetapi efek samping yang diakibatkan yakni muntah, pusing serta gejala serupa dengan flu. 

7. Komplikasi Penyakit Lupus 
Gejala lupus SLE ringan atau yang teratasi dengan baik tidak akan menghalangi kesibukan sehari-hari. Kemungkinan komplikasi akan menurun. Banyak penderita lupus SLE yang gejalanya menurun saat masuk usia 50 tahun. Namun tetap harus waspada pada komplikasi yang dapat mengakibatkan kematian.
AWAS !! Penyakit Lupus Mengintai Anda., Inilah Gejala dan Penyebab Penyakit Lupus Beserta Cara Pengobatannya,, Mohon di Sebarluaskan AWAS !! Penyakit Lupus Mengintai Anda., Inilah Gejala dan Penyebab Penyakit Lupus Beserta Cara Pengobatannya,, Mohon di Sebarluaskan Reviewed by Unknown on 09.37 Rating: 5

LIFESTYLE

LIFESTYLE