BACA DENGAN BAIK-BAIK DAN JANGAN LUPA DI SHARE KE TEMAN-TEMAN G+ MU YA,,INI MANFAAT KESEHATAN BIJI PINANG UNTUK KESEHATAN TUBUH ANDA


Pinang yaitu sejenis palma yang tumbuh di daerah Pasifik, Asia serta Afrika sisi timur. Pinang juga merupakan nama buahnya yang diperdagangkan orang. Pelbagai nama daerah salah satunya yaitu pineung (Aceh), pining (Batak Toba), penang (Md.), jambe (Sd., Jw.), bua, ua, wua, pua, fua, hua (aneka bhs di Nusa Tenggara serta Maluku) dan beragam sebutan yang lain. kata Pinang pasti telah tak asing lagi. 

begitupun buah pinang yang kaya akan manfaatnya. Tanaman Pinang atau dalam bahasa Latin dikenal dengan nama Areca Catechu L, sudah banyak digunakan untuk pengobatan tradisional sejak dahulu 

Buah itu dihasilkan oleh pohon yang batangnya lurus tinggi semampai. Daunnya yang bersirip agak melengkung membentuk judul diujung batang, bagus sekali. Dulu, saat nenek moyang kita belum mengetahui pinang merah dan beberapa jenis palem hias yang lain, pinang sirih arecacatechu ada banyak digunakan sebagai penghias kebun pekarangan. Sebagai tanaman yang agak kekeringan, pinang sirih ini sesuai sekali dengan keadaan halaman kota-kota besar yang lupa disiram dari pada sering dingat. 

Pinang memiliki sebagian karakter yang bisa mengobati beberapa penyakit. Buah ini antara lain berbentuk anthelmintica yang bermanfaat meluruhkan cacing dan adstringensia untuk menciutkan selaput lendir. Selain itu, pinang juga berbentuk merangsang (stimulansia), hentikan pendarahan (haermostatica), dan antisifilis. Manfaat buah Pinang angat banyak. 

Di bawah ini beberapa Manfaat dan kandungan biji pinang dan cara menggunakannya : 

1. manfaat buah pinang Meningkatkan gairah 
Ambil satu biji buah pinang yang belum mengeras. Potong kecil-kecil lalu kunyah serta makan. Cara lain, ambil satu biji buah pinang lalu hancurkan serta rebus dalam dua gelas air. Tunggu hingga jadi satu gelas. Keduanya memiliki manfaat yang sama. 

2. Mengobati luka kulit
Caranya daging buah pinang yang masih muda ditumbuk sampai halus, lalu ditempelkan di bagian tubuh yang terluka. 

3. Obat cacingan 
Siapkan seperempat potong buah pinang, 1/2 jari rimpang temulawak, serta 1/2 jari rimpang kunyit. Semua bahan itu di rebus lalu disaring. Minum air hasil saringan itu untuk menangani cacingan. 

4. Menguatkan gigi serta gusi 
Ambil sebagian biji buah pinang. Iris menjadi beberapa bagian, lalu kunyah irisan itu. 

5. Air rebusan biji pinang juga dipakai untuk menangani penyakit seperti haid dengan darah berlebihan, hidung berdarah (mimisan), koreng, bisul, kudis serta mencret. 

6. Sakit pinggang 
Ambil beberapa lembar daun pinang. Tumbuk daun itu dan hangatkan. Daun pinang yang tenah ditumbuk dikompreskan ditempat yang sakit. 

7. Kudis 
Parut satu biji buah pinang. Campur dengan seperempat sendok teh kapur sirih serta air seperlunya. Berikan dibagian yang sakit. 

8. Difteri 
Siapkan dua biji buah pinang lalu rebus dalam dua gelas air. Tunggu hingga tersisa menjadi 1 1/2 gelas. Tambahkan satu sendok makan madu serta aduk rata. Minum perlahan-lahan untuk mengobati difteri. 

9. Biji pinang muda digunakan kaum hawa untuk memperkecil rah*im sesudah melahirkan. Caranya masak buah pinang muda lalu airnya diminum hingga rahim kembali ke bentuk normal. 

10. Untuk mengobati rabun mata 
Cukup hanya langsung dikunyah serta airnya ditelan. 

11. Anak penderita cacingan. Caranya, rebuslah biji pinang muda sampai mendidih. Airnya lalu dilewatkan sampai dingin lalu disaring. Air ini lalu diminumkan pada anak penderita cacingan. 

12. Dan yang terakhir, Manfaat buah pinang yaitu menyembuhkan telinga bernanah. Caranya, ambil akar buah pinang muda seperlunya, tumbuk halus, peras airnya. Bersihkan terlebih dulu telinga anak yang sakit dengan kapas, setelah itu tetesi dengan air perasan pinang dibagian telinga yang sakit sebanyak 3 tetes. Sumbat telinga dengan kapas agar air tetesan tak mengalir keluar. Lakukan sehari-hari secara teratur hingga sembuh. 

Semoga informasi tentang Manfaat serta kandungan biji pinang ini berguna untuk Anda.
BACA DENGAN BAIK-BAIK DAN JANGAN LUPA DI SHARE KE TEMAN-TEMAN G+ MU YA,,INI MANFAAT KESEHATAN BIJI PINANG UNTUK KESEHATAN TUBUH ANDA BACA DENGAN BAIK-BAIK DAN JANGAN LUPA DI SHARE KE TEMAN-TEMAN G+ MU YA,,INI MANFAAT KESEHATAN BIJI PINANG UNTUK KESEHATAN TUBUH ANDA Reviewed by Unknown on 14.59 Rating: 5

LIFESTYLE

LIFESTYLE