Baca Manfaatnya, Mungkin Setela Anda Membacanya Anda Tidak Berani Lagi Buang Biji Kurma


Kurma yaitu makanan buahan yang sering kita temui ketika Ramadan. 
Kurma sangat bagus dikonsumsi ketika berbuka puasa karena kurma mengandung zat gula yang dapat dirubah oleh tubuh menjadi energi dengan cepat. 

Ternyata tidak hanya daging buah kurma saja yang berguna, biji kurma dapat juga digunakan menjadi minuman yang mirip kopi. 

Caranya cukup mudah, bersihkan biji kurma lalu keringkan, lalu jemur hingga kering. 
Kemudian sangrai biji kurma sampai hitam, kemudian tumbuk sampai berupa mirip dengan bubuk kopi. Biji kurma Anda siap untuk diseduh. 

Kandungan Biji Kurma 

Yusuf Al-hajj Ahmad dalam buku Islamic Medicine mengulas bahwa minuman ‘kopi’ biji kurma itu dapat memberi tenaga untuk orang yang meminumnya. Selain itu dapat digunakan untuk bumbu kombinasi daging, di mana dapat membuat daging jadi lembut. 

“Kopi” biji kurma ini dapat dapat digunakan untuk lulur lewat cara digabungkan dengan minyak zaitun serta madu terlebih dulu. 

Manfaat lainnya yang tidak kalah utama yakni bisa mengatasi masalah kebotakan hanya lewat cara mencampurkan bubuk biji kurma itu dengan minyak zaitun. 

Manisnya Untuk Kesehatan 

Beberapa peneliti dari University of Scranton menemukkan kurma serta buah-buah kering yang lain sangat kaya akan antioksidan yang bernama polyphenol, dan serat. 
The American Cancer Society merekomendasikan kita untuk konsumsi 20-35 gr serat pangan (dietary fiber) setiap harinya. Serta serat pangan ada yang larut serta tak larut.

Di mana serat yang membantu proses penceranaan dengan mendorong makanan ke saluran cerna yaitu serat yang tidak larut. 

Sedangkan, serat larut dapat mencegah penyakit jantung dengan menurunkan tingkat LDL atau kolesterol jahat. 

Bukan sekedar itu, serat larut dapat juga menurunkan kadar gula darah, yang ujungnya akan membantu menjaga penyakit diabetes tetap terkendali. Kurma adalah konsumsi energi yang baik, karena setiap butir kurma mengandungan 31 gr karbohidrat. 

Porsi ini dapat termasuk 3 gr serat pangan serta 29 gr fruktosa, glukosa serta sukrosa (gula alami yang mudah dibakar tubuh untuk sediakan energi). 
Nilai plus dari kurma yaitu, mereka akan memberi energi tanpa lemak atau kolesterol. Kandungan potasium dalam kurma juga menyodorkan manfaat untuk kesehatan kita. 

Tubuh memerlukan asupan potasium untuk mencegah terjadinya kontraksi otot. 
Potasium adalah mineral utama untuk tubuh untuk melindungi otot jantung, dan melindungi kesehatan proses metabolisme tubuh serta meyakinkan sistem saraf tetap berperan dengan baik. 

Plus, potasium juga dapat membuat tubuh melenyapkan sodium, serta dengan cara otomatis akan menurunkan tekanan darah. 

Tubuh tak dapat menaruh potasium secara berlebihan, serta biasanya akan hilang bersamaan dengan keringat. 

Serta seperti kita ketahui, fungsi hati akan menyusut searah dengan menambahnya usia kita. 

Jadi, meningkatkan konsumsi potasium menjadi 400 mg akan membantu kita menurunkan resiko stroke sampai 40 %. 

Serta 100 gr kurma mengandung 667 mg potasium. 

Jangan jadikan kurma hanya sebagai ‘hiasan’ bulan Ramadhan saja. 
Petik manisnya manfaat kurma dengan mengkonsumsinya secara teratur setiap hari.
Baca Manfaatnya, Mungkin Setela Anda Membacanya Anda Tidak Berani Lagi Buang Biji Kurma Baca Manfaatnya, Mungkin Setela Anda Membacanya Anda Tidak Berani Lagi Buang Biji Kurma Reviewed by Unknown on 19.36 Rating: 5

LIFESTYLE

LIFESTYLE