Semoga Bermanfaat,! Kenali Gejala,Jenis,Penyebab dan Mengobati Penyakit Katarak,Share Ya Sobat!


Katarak yaitu kekeruhan pada lensa mata yang terdapat di belakang iris dan pupil. Hal ini membuat cahaya tak dapat menembusnya, bervariasi sesuai levelnya, dari sedikit hingga keburaman keseluruhan. 

Katarak yaitu pemicu paling umum kehilangan penglihatan pada orang diatas usia 40 tahun dan adalah pemicu utama dari kebutaan didunia. Bahkan menurut PBA (Prevent Blindness America), ada semakin banyak masalah katarak di seluruh dunia dibandingkan permasalahan penglihatan yang lain seperti glaukoma, degenerasi makula, serta retinopati diabetes. 

Jenis-Jenis Katarak 

Di bawah ini yaitu penjelasan perihal beberapa jenis katarak, salah satunya yaitu : 

Katarak subkapsular 
Yaitu jenis katarak yang terjadi di belakang lensa. Orang yang memiliki diabetes atau mereka yang menggunakan steroid dengan dosis tinggi memiliki resiko semakin besar terserang katarak jenis ini. 

Katarak nuklear 
Katarak ini terbentuk dengan cara dalam dibagian zona pusat (inti) dari lensa. Katarak nuklear umumnya berkenaan dengan penuaan. 

Katarak kortikal 
Katarak ini ditandai karenanya ada kekeruhan, tampak seperti baji berwarna keputihan, yang diawali di pinggiran lensa serta bekerja dengan caranya sendiri menuju pusat. Jenis katarak ini terjadi pada korteks lensa, yang disebut sisi dari lensa yang mengilingi inti pusat. 

Tanda-tanda dan gejala katarak 

Datangnya katarak mungkin tak dapat disangka serta tak mudah untuk segera tahu pada awal-awal terjadi. Pada awalnya, mungkin anda mengalami sedikit dampak atau masalah kecil pada penglihatan. Anda mungkin merasakan bahwa penglihatan anda sedikit kabur, seperti sedikit berkabut atau waktu lihat lukisan impresionis. 

Katarak bisa membuat cahaya dari matahari atau lampu terlihat terlalu jelas serta mencolok. Atau mungkin saat anda mengemudi pada malam hari, anda melihat cahaya lampu yang datang dari kendaraan lain tampak lebih silau dari mulanya. 

Bila anda terasa bahwa anda mengalami beberapa gejala seperti yang diterangkan diatas, sebaiknya anda segera berkonsultasi dengan dokter mata. 

Penyebab Katarak 

Lensa didalam mata bekerja seperti seperti lensa kamera, fokus sinar ke retina untuk penglihatan yang pasti. Lensa itu juga mengatur atau sesuaikan konsentrasi mata, membiarkan kita lihat suatu hal dengan terang, baik dekat ataupun jauh. 

Lensa beberapa besar terbuat dari air serta protein. Protein itu ditata sedemikian pas yang bikin lensa jadi terang serta sangat mungkin sinar melewatinya. 

Tetapi semakin menua usia kita, beberapa protein bisa mengumpul jadi satu serta mulai tutup atau memperkeruh ruang kecil dari lensa. Ini yaitu katarak, serta dari saat ke saat mungkin akan tumbuh semakin besar serta semakin memperkeruh lensa, yang selanjutnya bisa mengganggu penglihatan. 

Sulit mengetahui penyebab pasti kenapa lensa mata mengalami pergantian bersamaan menambahnya umur, serta pada akhirnya membentu katarak. Tetapi beberapa peneliti di semua dunia sudah mengidentifikasi aspek-faktor yang bisa mengakibatkan katarak atau terkait dengan perubahan katarak. Selain usia, terdapat banyak aspek resiko katarak yang lain, yakni : 

-Radiasi ultraviolet dari sinar matahari serta sumber lain 
-Diabetes 
-Hipertensi 
-Merokok 
-Kegemukan 
-Obat-obatan statin yang digunakan untuk menurunkan kolesterol 
-Penggunaan berkepanjangan obat kortikosteroid 
-Operasi mata sebelumnya 
-Cedera mata sebelumnya atau peradangan 
-Terapi pergantian hormon 
-Konsumsi alkohol 
-Riwayat keluarga 
-Miopia yang tinggi. 

Salah satu teori pembentukan katarak menyampaikan bahwa banyak masalah terjadinya katarak dikarenakan oleh pergantian oksidatif pada lensa manusia. Hal ini di dukung oleh penelitian-penelitian gizi yang menunjukkan bila buah-buahan dan sayuran yang tinggi antioksida bisa membantu mencegah beberapa jenis katarak. 

Pencegahan Katarak 

Walau ada pro-kontra perihal apakah katarak dapat dicegah atau tak, beberapa riset menunjukkan bahwa nutrisi serta suplemen gizi spesifik dapat mengurangi resiko terjadinya katarak. 

Suatu riset besar dengan jangka waktu 10 tahun menemukan bahwa asupan makanan tinggi vitamin E serta karotenoid lutein serta zeaxanthin dari makanan serta suplemen di ketahui berhubungan dengan penurunan resiko katarak secara penting. Sumber makanan yang baik dari vitamin E yaitu biji bunga matahari, almond, serta bayam. Sumber yang baik dari lutein serta zeaxanthin mencakup bayam, kangkung, serta sayuran berdaun hijau yang lain. 

Riset lain menunjukkan bahwa sumber antioksidan sepertin vitamin C serta makanan yang mengandung asam lemak omega-3 bisa mengurangi resiko katarak. Langkah lain yang dapat dilakukan untuk mengurangi resiko katarak yaitu dengan menggunakan kacamata pelindung yang bisa memblokir 100 % sinar UV matahari saat anda ada diluar ruang. 

Pengobatan Katarak 

Saat gejala-gejala mulai muncul, anda mungkin dapat memperbaiki kondisi penglihatan anda untuk sementara saat dengan menggunakan kacamata yang sesuai atau alat bantu visual yang lain. Tetapi anda sebaiknya juga mulai pikirkan operasi katarak waktu keadaan mata anda telah parah serta mulai mengganggu kehidupan sehari-hari. 

Operasi katarak sangat ampuh dalam memulihkan penglihatan. Bahkan menurut PBA, operasi ini yaitu operasi yang seringkali dilakukan di Amerika Serikat, dengan kian lebih 3 juta orang Amerika melakukan operasi katarak setiap tahunnya. Sembilan dari 10 orang yang melakukan operasi katarak di ketahui memperoleh penglihatanya kembali dengan sangat baik. 

Selama operasi, dokter bedah akan menyingkirkan lensa berkabut, serta dalam kebanyakan masalah akan digantikan dengan lensa intraokular plastik (IOL) yang lebih baik (bersih). IOL atau Intraocular Lens tengah di kembangkan dari saat ke saat untuk membantu operasi jadi lebih mudah serta tak rumit untuk pakar bedah, dan lensanya lebih berguna untuk pasien. Lensa ini berpotensi membantu anda untuk melihat di seluruhnya jarak, bukan sekedar satu. Tipe baru yang lain dari IOL bisa menghalangi sinar ultraviolet yang bisa merusak retina.
Semoga Bermanfaat,! Kenali Gejala,Jenis,Penyebab dan Mengobati Penyakit Katarak,Share Ya Sobat! Semoga Bermanfaat,! Kenali Gejala,Jenis,Penyebab dan Mengobati Penyakit Katarak,Share Ya Sobat! Reviewed by Unknown on 08.17 Rating: 5

LIFESTYLE

LIFESTYLE