Bantu Sebar Info Ya Teman,Ketahui Berbagai Penyakit Paru-paru dan Cara Mengobatinya,,BACA SELENGKAPNYA HANYA DI SINI


Paru-paru yaitu salah satu organ tubuh yang sangat penting keberadaannya, tetapi sering kali kurang di perhatikan kesehatannya. Paru-paru yaitu kantung jaringan yang terdapat diatas diafragma serta dibawah tulang rusuk. Paru-paru itu lunak, seperti karet busa. Dalam kondisi sehat, biasanya paru berwarna abu-abu merah muda, meskipun paru yang sehat mungkin saja jadi menghitam karena dikarenakan pencemaran partikel karbon dalam udara. 

Antara paru sisi kanan serta kiri mempunyai perbedaan ukuran. Paru pada sisi kanan cenderung lebih besar serta lebih pendek ukurannya. Hal ini karena paru sisi kanan harus berikan ruangan untuk organ hati yang terdapat di bawahnya. Sedangkan untuk sisi kiri cenderung lebih kecil serta sempit karena tempatnya dekat dengan jantung. 

Paru-paru pria menyimpan udara lebih banyak dibanding dengan wanita. Saat istirahat, paru-paru pria bisa menahan lebih kurang 750 sentimeter kubik udara. Sedangkan wanita hanya sekitar 285 sampai 393 sentimeter kubik. 

Dr. Jonathan Parsons, seorang profesor dari Ohio State University menyampaikan bahwa orang sehat hanya menggunakan sekitar 70% dari kemampuan paru-paru, sekalipun waktu beraktivitas fisik yang berat. Di sisi lain, American Lung Association mengungkap bahwa orang dewasa menarik napas 15 sampai 20 kali per menitnya. Hal ini berarti, dalam satu hari kita bernapas sekitar 20 ribu kali. Walau bernapas kelihatannya mudah, tetapi sebenarnya prosesnya sangat kompleks. 

Beberapa penyakit pada paru 

Paru-paru dapat juga diserang beragam penyakit. Beberapa faktornya yaitu bawaan gen, virus, sampai kebiasaan buruk atau gaya hidup yang tidak sehat. Permasalahan yang seringkali nampak pada paru-paru meliputi asma serta keadaan buruk yang lain yang disebabkan rokok. 

Asma 
Asma yaitu salah satu penyakit pada paru-paru yang disebabkan karena ada peradangan serta penyempitan saluran napas hingga bikin kita susah untuk bernapas. Keadaan ini dipicu oleh alergen seperti asap rokok atau debu. 

Kanker Paru-Paru 
Di Amerika Serikat, kanker paru-paru menjadi pemicu kematian disebabkan kanker yang utama, serta sudah merenggut banyak jiwa, baik pada pria maupun wanita. Beberapa gejala kanker ini yaitu nyeri dada, napas yang pendek, menurunnya berat badan, batuk berdarah, dan batuk berkelanjutan. 

Penyakit Paru Obstruktif Kronik 
Jenis penyakit ini atau yang umum disingkat PPOK adalah bentuk penyakit paru-paru jangka panjang yang menyebabkan seorang tidak dapat bernapas dengan lancar karena dikarenakan degenerasi paru-paru atau keunggulan lendir. Emfisema serta bronkitis kronis juga dimasukkan sebagai PPOK. Sekitar 80 % dari kematian PPOK disebabkan karena merokok. Terkadang, orang yang mengalami PPOK akan memperoleh transplantasi paru-paru maupun pergantian paru yang didapat dari donor organ. 

Infeksi Paru 
Kondisi ini dikarenakan oleh bakteri serta virus yang dapat mengakibatkan pneumonia serta bronkitis. Infeksi yang parah biasanya ditandai karenanya ada cairan di paru-paru, batuk darah, demam yang tidak sembuh-sembuh, dan kelenjar getah bening. 

Menjaga Kesehatan Paru-Paru 
Tak merokok serta hindari asap rokok yaitu salah satu cara terbaik untuk menjaga kesehatan paru-paru. Sebagai informasi, ada setidaknya 70 dari 7000 bahan kimia pada rokok yang bisa merusak sel-sel dalam paru. Selain itu, olahraga teratur, menjaga hidrasi tubuh, serta melakukan latihan napas secara teratur juga sangat disarankan untuk menjaga paru-paru tetap sehat.
Bantu Sebar Info Ya Teman,Ketahui Berbagai Penyakit Paru-paru dan Cara Mengobatinya,,BACA SELENGKAPNYA HANYA DI SINI Bantu Sebar Info Ya Teman,Ketahui Berbagai Penyakit Paru-paru dan Cara Mengobatinya,,BACA SELENGKAPNYA HANYA DI SINI Reviewed by Unknown on 08.03 Rating: 5

LIFESTYLE

LIFESTYLE