STOP JANGAN MEREMEHKAN BENJOLAN DI KETIAK, INI 5 PENYEBABNYA!


Ketiak termasuk salah satu bagian tubuh yang harus di perhatikan kebersihan serta kesehatannya. Tempat ketiak yang ada diantara lengan serta rongga dada membuatnya lebih mudah berkeringat serta menimbulkkan bau badan. 

Oleh karenanya, sangat wajib bagi kita untuk menjaga ketiak dengan baik agar terhindar dari kuman pemicu permasalahan kesehatan. Mungkin tidak banyak yang tahu bahwa terdapat banyak masalah yang sering menerpa ketiak, salah satunya munculnya benjolan pada ketiak. 

Benjolan pada ketiak dapat menimpa siapapun serta kondisi ini tak bisa dianggap sepele karena menunjukkan gejala kesehatan yang serius. Agar lebih detilnya, simak selalu kelanjutan artikel yang berjudul Stop Meremehkan Benjolan Di Ketiak, Ini 5 Penyebabnya : 

1. Disebabkan Mencukur atau mencabut bulu ketiak 
Benjolan di ketiak juga dapat muncul karena kebiasaan mencabut bulu ketiak. Mencabut bulu ketiak memang seringkali menjadi jalan keluar agar kulit ketiak tak hitam serta pastinya bersih dari bulu. Tetapi rutinitas itu bisa menyebabkan efek buruk, karena bulu ketiak yang dicabut mengakibatkan pertumbuhannya jadi tak sempurna, yaitu tumbuh ke dalam dan mengakibatkan benjolan di ketiak. Hem, ngeri sekali bukan? Oleh karenanya, gunakan cara yang baik dn aman untuk mencabut bulu ketiak ya! 

2. Penggunaan deodorant 
Untuk mencegah munculnya bau badan, kebanyakan orang menggunakan deodorant sebagai solusinya. Memang sich, deodorant membuat ketiak jadi wangi serta bersih, namun bahan pada deodorant dapat juga menyebabkan reaksi alergi yang menyebabkan munculnya benjolan pada ketiak. Bila Anda mengalami keadaan ini, segera hentikan pemakaian deodorant serta gantilah deodorant yang mengandung bahan alami. 

3. Kanker Limfoma atau kelenjar getah bening 
Salah satu alasan bahwa kita tak bisa menyepelekan benjolan pada ketiak yaitu karena bisa jadi disebabkan kanker limfoma atau kelenjar getah bening. Kanker Limfoma termasuk satu jenis tumor ganas yang sangat mematikan bila tak diatasi dengan baik. Kondisi ini terjadi disebabkan ada benda asing, baik virus ataupun bakteri yang masuk ke kelenjar getah bening hingga membuatnya jadi bengkak. Kanker limfoma menyebabkan beberapa gejala, diantaranya : demam, gatal, keringat malam, penurunan berat badan, serta lain sebagainya. Karenanya, bila mengalami gejala itu, segera melakukan pemeriksaan medis agar di ketahui penyebabnya. 

4. Kanker Pa*yud*ara 
Bahaya lain yang patut diwaspadai disebabkan benjolan pada ketiak yaitu kanker pa*yud*ara. Kanker pa*yud*ara termasuk satu penyakit yang mematikan, oleh karenanya jangan meremehkan bila mengalami benjolan di ketiak, karena sel ganas yang tumbuh pada jaringan pa*yud*ara termasuk cikal akan kanker pa*yud*ara. Gejala awal yang dirasa, antaralain : munculnya benjolan yang merasa nyeri, struktur keras serta padat bila diraba, dapat pula menyebabkan gatal, serta ada banyak yang lain. 

5. Alergi bahan tertentu 
Benjolan di ketiak dapat juga terjadi disebabkan reaksi tubuh pada bahan-bahan tertentu. Kondisi ini terjadi disebabkan tubuh mengalami alergi pada bahan-bahan tertentu, salah satunya : penisilin, yodium atau obat-obatan lain yang menyebabkan pembesaran pada kelenjar getah bening. Walau demikian, keadaan ini tak berbahaya untuk kesehatan, karena hal ini adalah reaksi alami tubuh yang dapat hilang dengan sendirinya. Bila Anda mengalami hal ini, yakinkan menghindari obat-obatan yang mengandung bahan-bahan penyebab alergi itu. 

Setelah tahu penyebabnya di atas, yang pasti kita selalu siaga bila mengalami benjolan pada ketiak. Semoga artikel berjudul Stop Meremehkan Benjolan Di Ketiak, Ini 5 Penyebabnya di atas bisa berguna untuk kita semua.
STOP JANGAN MEREMEHKAN BENJOLAN DI KETIAK, INI 5 PENYEBABNYA! STOP JANGAN MEREMEHKAN BENJOLAN DI KETIAK, INI 5 PENYEBABNYA! Reviewed by Unknown on 19.48 Rating: 5

LIFESTYLE

LIFESTYLE