"Subhanallah" Mengupas Manfaat Hebat Daun Jeruk Nipis Yang Belum Banyak Orang Tahu.....


Jeruk nipis yaitu salah satu jenis jeruk buah yang sering digunakan sebagai bahan minuman. Jeruk nipis populer karena mengandung beragam nutrisi seperti vitamin C yang tinggi, zat anti oksidan, serta beberapa macam asam esensial. Daun jeruk nipis mempunyai ciri-ciri bentuk seperti jenis daun jeruk yang lain. Hanya saja daun jeruk nipis biasanya berbentuk tunggal dengan beragam jenis ukuran. Daun mengeluarkan aroma yang segar seperti harumnya buah jeruk nipis. Saat di belah daun akan mengeluarkan bau minyak asam esensial yang unik. Hal inilah yang membuat daun jeruk nipis sering di buat untuk bahan aroma parfum, pewangi ruangan serta menyingkirkan bau tak sedap pada makanan. 

Senyawa Aktif Daun Jeruk Nipis 

Daun jeruk nipis di kenal juga sebagai daun yang dapat mengeluarkan aroma yang sangat kuat. Nyatanya dalam setiap helai darin jeruk nipis mengandung ekstrak aroma yang terbagi dalam beragam jenis minyak esensial. Beberapa jenis aroma yang khas itu diantaranya yaitu seperti aroma citrus serta sitronelal. 

Selain itu setiap daun jeruk nipis juga mengandung beberapa senyawa aktif seperti kampferol, quercetin, rosmarinik, flavonoid, luteolin serta apigenin. Beragam jenis senyawa aktif inilah yang bikin daun jeruk nipis mempunyai manfaat sebagai obat herbal. 

Faedah Daun Jeruk Nipis untuk Kesehatan 

Pada masa dulu daun jeruk nipis sering digunakan untuk membuat beragam jenis aroma tradisional. Di Inggris daun jeruk nipis sering digunakan untuk kombinasi bahan teh karena dapat memberi dampak menyegarkan. Telah mulai sejak lama daun jeruk nipis digunakan sebagai bahan-bahan untuk membuat obat-obatan tradisional. 

Beberapa negara yang telah popular menggunakan obat dari daun jeruk nipis yaitu seperti China, India, Inggris, Eropa, Amerika dan beberapa bagian negara di Afrika. Di bawah ini yaitu beberapa faedah daun jeruk nipis untuk kesehatan. 

1. Menjaga Kesehatan Mulut serta Gigi 
Gigi serta mulut memang salah satu bagian tubuh yang perlu kita perhatikan. Menjaga kesehatan serta kebersihan pada ruang mulut ini akan memberi efek menyehatkan serta mendukung penampilan. Permasalahan yang seringkali terjadi yaitu kesehatan gigi yang buruk seperti karang, gusi bengkak serta gigi yang berlubang. Semua masalah itu dapat mengakibatkan bau mulut yang tidak enak. Daun jeruk mengandung vitamin C yang baik untuk menjaga masalah kesehatan gigi serta gusi. Anda dapat mengunyah daun jeruk nipis lalu gunakan untuk berkumur. Nafas akan merasa harum serta bau mulut akan hilang. 

2. Mengobati Sakit Perut serta Mual 
Rasa mual serta sakit perut dapat nampak setiap saat. Pemicunya sangat bermacam mulai dari masalah pencernaan, masuk angin sampai flu yang berkelanjutan. Minyak esensial yang ada pada daun jeruk nipis dapat mengatasi semua masalah itu. Bahkan minyak esensial yang mengandung senyawa aktif dapat membuat pencernaan menjadi lebih baik. Untuk membuat ramuan ini Anda dapat melarutkan sebagian lembar daun jeruk nipis yang masih segar dengan air hangat. Diamkan sebentar sampai senyawa larut dalam air. Tambahkan madu atau gula batu untuk memberi rasa manis. 

3. Mengobati Perut Kembung 
Ketika tubuh terlalu capek serta ada beban pikiran maka dapat mengakibatkan perut kembung. Desakan perasaan serta pikiran yang berat dapat menyebabkan reaksi gas pada lambung. Daun jeruk nipis mengandung sebagian senyawa asam esensial serta apigenin. Senyawa ini dapat memperbaiki produksi gas dalam lambung serta memiliki dampak menentramkan. Gunakan rebusan daun nipis untuk kombinasi minuman seperti teh. Anda dapat juga memberikan madu atau gula sesuai dengan selera. 

4. Memperbaiki Kualitas Tidur 
Dapat memperoleh tidur yang pulas akan membuat tubuh menjadi lebih nyaman. Bahkan waktu kita tidur sebenarnya tubuh tengah melakukan tugasnya untuk sebagian organ termasuk juga sistem metabolisme. Untuk orang yang tidak dapat tidur pulas karena beragam hal maka dapat minum teh dari daun jeruk nipis mendekati tidur. Esktrak senyawa yang dihasilkan nyatanya dapat menentramkan serta membuat tubuh menjadi lebih nyaman. Bahkan rebusan teh daun jeruk nipis juga dapat menyingkirkan rasa lelah. 

5. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh 
Jeruk nipis memang populer dengan kandungan vitamin C yang tinggi. Tetapi nyatanya vitamin itu dapat juga ditemukan di bagian daun. Selain itu daun jeruk nipis juga mengandung flavonoid yang berperan sebagai anti oksidan alami. Mengkonsumsi teh dari daun jeruk nipis akan meningkatkan kesehatan tubuh. daun jeruk nipis juga sangatlah baik untuk menangani beragam jenis penyakit lantaran infeksi virus seperti influenza serta penyakit kerusakan sel seperti kanker. 

6. Mengobati Luka 
Luka karena goresan atau terserang pisau dapat juga diobati dengan daun jeruk nipis. Caranya yaitu ambil daun jeruk nipis yang masih segar dari pohonnya. Kemudian bersihkan sampai bersih serta tumbuk halus. Tempelkan pada bagian yang luka serta selalu ubah secara berkala. Senyawa dalam daun jeruk nipis dapat membunuh seluruhnya bakteri yang tentang luka serta mempercepat pengeringan luka. 

7. Mengobati Diare 
Diare dapat dikarenakan oleh banyak hal seperti makanan yang kurang bersih serta menyebabkan perkembangan bakteri dalam usus besar. Selain itu dapat juga disebabkan karena masuk angin atau keadaan tubuh yang sedang lemah. Untuk meringankan diare maka dapat mengunyah daun jeruk nipis yang telah dihancurkan. Rasanya memang sedikit pahit namun dapat ditambahkan gula atau sesendok madu. Dampak daun jeruk nipis dapat meningkatkan kualitas pencernaan serta memudahkan rasa tak nyaman. 

8. Meringankan Gangguan Pernapasan 
Masalah pernapasan yang dapat disebabkan karena alergi atau reaksi lain ternyata dapat juga diobati dengan daun jeruk nipis. Ekstrak daun jeruk nipis yang telah di rebus di air madu dapat memberi efek hangat untuk tenggorokan serta saluran pernapasan. Cara ini telah digunakan sejak jaman dulu serta nyatanya sangat efektif untuk menangani rasa sesak serta nafas yang kurang lega. 

9. Menyembuhkan Reumatik 
Penyakit reumatik atau radang sendi yaitu jenis penyakit yang banyak menyerang orangtua. Penyakit ini sering mengakibatkan rasa sakit pada sendi yang terlalu berlebih serta mengakibatkan tubuh tak dapat beraktifitas dengan nyaman. Rasa sakit biasanya akan lebih merasa waktu sore mendekati malam. Untuk mengatasi permasalahan ini maka dapat mengambil beberapa helai daun jeruk nipis yang masih segar. Potong menjadi beberapa bagian serta gunakan untuk menggosok lembut di bagian sendi yang sakit. 

10. Detoksifikasi 
Terakhir manfaat daun jeruk nipis diakui sangat utama untuk sistem detoksifikasi dalam tubuh. Daun jeruk nipis mengandung zat anti oksidan yang cukup tinggi. zat anti oksidan ini dapat berguna untuk mengatasi permasalahan penumpukan toksin dalam tubuh. Toksin yang berasal dari beragam jenis makanan serta minuman dapat menyebabkan beragam jenis penyakit seperti kanker, jantung, dan jenis penyakit degeneratif. Untuk melakukan detoksifikasi atau mengeluarkan racun dari tubuh maka dapat konsumsi teh daun jeruk nipis. 
"Subhanallah" Mengupas Manfaat Hebat Daun Jeruk Nipis Yang Belum Banyak Orang Tahu..... "Subhanallah" Mengupas Manfaat Hebat Daun Jeruk Nipis Yang Belum Banyak Orang Tahu..... Reviewed by Unknown on 09.53 Rating: 5

LIFESTYLE

LIFESTYLE