PERLU ANDA KETAHUI,!! INI MANFAAT DARI BUAH BINJAI UNTUK KEHIDUPAN MANUSIA


Buah binjai atau nama ilmiahnya yakni Mangifera caesia yakni buah sejenis mangga dengan bau yang harum menusuk dan rasa yang masam manis. Binjai datang dari India. Binjai menyebar lewat cara alami di Sumatra, Jawa, Kalimantan dan Semenanjung Malaya ; beberapa pakar yakini Kalimantan yakni tempat asal-usulnya. Dari wilayah-wilayah ini, binjai dibawa dan dibudidayakan orang di Bali, Filipina dan Thailand. 

Binjai terutama menyebar di dataran rendah di bawah 400 m, tak sering hingga 800 m dpl. Tipe ini tahan pada penggenangan, dan seringkali didapati dekat tepi sungai. Binjai dapat bertumbuh pada tanah yang subur dan mempunyai drainase yang baik. 

Pohon besar dan rimbun dengan judul yang indah, berbatang lurus dengan tinggi mencapai 30-45 m dan gemang 50-80 (-120) cm. Pepagan (kulit kayu) berwarna coklat kelabu dan beralur-alur. Seluruhnya segi pohon, bila dilukai, mengeluarkan getah keputihan yang tajam dan menggatalkan. Getah ini akan membeku dan menghitam selepas terkena udara beberapa lama. Kulit batang berwarna abu-abu dan berkulit pecah-pecah. 

Daun tunggal, menebar, sering mengumpul dekat ujung ranting. Helai daun bentuk jorong sampai lanset, agak bundar telur terbalik, 7-12 (-30) x 3-5, 5 (-10) cm, kaku, menjangat, hijau berkilap di samping atas dan lebih pucat di bawah, dengan ibu tulang daun yang menonjol, pangkal yang melanjut dan ujung yang menumpul atau meluncip tumpul. Tangkai daun kaku, memipih, 1-2, 5 cm. 

Daging buahnya putih susu, memiliki serat atau hampir tak memiliki serat, memiliki kandungan banyak sari buah, berbau agak busuk, masam manis sampai manis. Biji bulat lonjong sampai lanset, lk. 7 x 4 cm, kulit bijinya tipis dan tidak mengayu, monoembrioni. 

Berikut manfaat buah binjai dalam kehidupan : 

-Binjai terutama ditanam untuk buahnya, yang umum dikonsumsi segar selepas buah itu masak atau jadikan kombinasi es. 
-Bijinya terkadang dikeringkan dan di proses sebagai lauk makan nasi. 
-Kayu binjai dapat digunakan sebagai papan lantai dan bahan konstruksi ringan. 
-Selepas itu, pucuk daun yang masih muda dikonsumsi sebagai lalap. 
-Ketika berbunga ia indah sekali mungkin saja binjai dapat digunakan sebagai tanaman penghias jalanan. 

Itulah beberapa manfaat buah binjai dalam kehidupan. Semoga artikel dari situs manfaatbuah. asia ini infonya berguna serta bermanfaat.
PERLU ANDA KETAHUI,!! INI MANFAAT DARI BUAH BINJAI UNTUK KEHIDUPAN MANUSIA PERLU ANDA KETAHUI,!! INI MANFAAT DARI BUAH BINJAI UNTUK KEHIDUPAN MANUSIA Reviewed by Unknown on 19.42 Rating: 5

LIFESTYLE

LIFESTYLE