UTAMAKAN KESEHATAN MU !! INILAH GEJALA AWAL KANKER HATI YANG TIDAK DIRASAKAN GEJALANYA TAPI FATAL AKIBATNYA...!!!


Hati adalah salah satu organ yang paling penting dan terbesar. Ia melakukan berbagai fungsi tubuh v!t4l seperti membuang racun berbahaya, mendistribusikan dan menyimpan nutrisi penting, m3ns3k**si empedu serta membuat protein penting bagi pembekuan darah. tubuh hanya dapat hidup 1-2 hari jika gagal hati, yang mengapa itu dianggap organ kedua yang paling penting untuk kelangsungan hidup.

APAKAH HATI KANKER ITU?

Kanker hati adalah kanker 5 paling umum di dunia dengan tingkat insiden lebih dari satu juta kasus baru setiap tahun. Menurut National Cancer Institute, sekitar 15.000 pria dan 6.000 wanita di Amerika Serikat yang didiagnosis dengan penyakit ini setiap tahun.

Kanker hati dapat berkembang dalam dua bentuk - primer, ketika kanker dimulai di hati, dan sekunder atau metastasis, yang terbentuk di bagian lain dari tubuh dan menyebar ke hati.

Kanker hati primer cukup langka di AS mewakili sekitar 2% dari semua kanker, meskipun sudah ada kenaikan saat ini di tingkat insiden. Ini mempengaruhi dua kali lebih banyak laki-laki sebagai perempuan, pada usia rata-rata kanker hati sekunder 67. jauh lebih umum, meskipun.

Seperti banyak jenis kanker lainnya, gejala kanker hati biasanya tidak muncul sampai kanker telah mencapai kemudian tahap. Untuk satu hal, tumor hati kecil sulit dideteksi pada pemeriksaan fisik karena sebagian besar hati ditutupi oleh tulang rusuk kanan. Pada saat tumor dapat dirasakan, itu mungkin sudah cukup besar, yang mengapa itu umumnya didiagnosis pada stadium yang lebih lanjut.

SIAPA YANG PALING RISIKO?

Meskipun penyebab utama kanker hati primer terkait dengan genetika, riwayat penyakit dan kebiasaan buruk, ada sejumlah faktor risiko yang menunjukkan siapa yang lebih berisiko.

  • Jenis k3lam*n: Menurut penelitian, pria jauh lebih tunduk kanker hati daripada wanita. Bahkan, penyakit ini mempengaruhi dua kali lebih banyak pria daripada wanita.
  • Ras: penelitian ekstensif menunjukkan bahwa angka kejadian kanker hati adalah tinggi terutama di negara-negara di sub-Sahara Afrika dan Asia Tenggara. Bahkan, kanker hati primer adalah jenis yang paling umum dari kanker di beberapa negara ini. Juga, negara dengan perawatan medis yang kurang berkembang mengalami lebih banyak kasus daripada di AS
  • Umur: Ini adalah faktor utama sebagai 95% dari pasien kanker hati terdiagnosa pada atau setelah usia 45.
  • Sirosis : Studi menunjukkan bahwa lebih dari setengah dari orang yang didiagnosis dengan kanker hati memiliki jaringan parut di hati atau sirosis, yang menyebabkan sel-sel hati menjadi rusak dan mati.
  • Hepatitis : virus hepatitis kronis, yang disebabkan oleh transmisi cairan tubuh yang menyebabkan hepatitis B dan C, merupakan penyebab utama.
  • Diabetes : Penderita diabetes lebih rentan terhadap kanker ini karena mereka memiliki risiko lebih tinggi penyakit hati berlemak, yang pada waktu dapat menyebabkan kanker hati.
  • Penyakit metabolik : gangguan metabolisme Warisan juga merupakan faktor risiko. Bahkan penyakit langka seperti defisiensi antitrypsin dan penyakit Wilson sepenuhnya terkait dengan kanker hati.
  • Minuman keras : Seiring waktu, penyalahgunaan alkohol sering dapat merusak hati dan menghancurkan sel-sel. Kanker biasanya dipicu oleh mutasi sel DNA yang terjadi ketika hati mencoba untuk memperbaiki kerusakan ini.
  • M3r0k0k : M3r0k0k secara signifikan meningkatkan risiko kanker hati. Menurut sebuah penelitian, merokok menyumbang hampir 25% dari kanker hati di Inggris.

Gejala Kanker Hati Anda Jangan Abaikan dan Yang Dapat Anda Lakukan untuk Mengurangi Risiko Anda

GEJALA HATI KANKER

Sayangnya, gejala kanker hati biasanya tidak muncul sampai kanker telah berkembang secara substansial. Ini mungkin berbeda dari orang ke orang, dan bahkan dapat disebabkan oleh jenis infeksi hati jinak atau penyakit. Namun, dalam kasus kanker hati, gejala ini akan terus mengembangkan dan memperburuk sebagai penyakit berkembang. Jadi, jika Anda mengalami salah satu dari ini, penting untuk berkonsultasi dengan dokter untuk diagnosis yang akurat.

Ini adalah beberapa tanda-tanda peringatan awal kanker hati:

  • penurunan berat badan mendadak tidak terkait dengan perubahan dalam diet
  • nyeri di perut
  • Penurunan tiba-tiba nafsu makan atau perasaan kenyang setelah makan kecil
  • mual dan muntah yang tidak dapat dijelaskan
  • kelemahan terus-menerus dan / atau kelelahan
  • Nyeri yang terjadi di perut kanan bagian atas atau dekat tulang belikat kanan
  • Bengkak atau kembung di perut
  • hati diperbesar merasa sebagai massa di bawah tulang rusuk di sisi kanan
  • pembesaran limpa merasa sebagai massa di bawah tulang rusuk di sisi kiri
  • Penyakit kuning, atau menguningnya kulit dan mata
  • pencernaan normal dan tinja dengan putih di dalamnya
  • gatal terus-menerus dari kulit
  • demam yang tidak jelas

CARA UNTUK MENGURANGI RISIKO ANDA

Kanker hati biasanya terdeteksi pada tahap yang lebih maju karena tanda-tanda dan gejala muncul cukup terlambat. Meskipun pengujian mungkin dianjurkan untuk beberapa orang yang berisiko tinggi, tidak ada tes skrining secara luas direkomendasikan untuk kanker hati pada orang yang tidak mengalami peningkatan risiko. Oleh karena itu, pengobatan terbaik terhadap kanker hati adalah pencegahan.

Itu tidak selalu mungkin untuk mencegah kanker hati, tetapi beberapa gaya hidup dan perawatan diri langkah-langkah sederhana dapat mengurangi kesempatan Anda untuk mengembangkan kondisi tersebut.

Ini termasuk:

  • Mencegah infeksi hepatitis . Anda dapat mencapai ini dengan menghindari s**s dengan orang yang belum diuji dan memakai perlindungan selama hubungan s3k**al. Jika Anda menggunakan obat disuntikkan, cara terbaik untuk menghindari infeksi ini adalah untuk tidak berbagi peralatan suntik narkoba dengan orang lain. Ini tidak hanya berlaku untuk jarum, tetapi untuk apa pun yang bisa bersentuhan dengan darah orang lain.
  • Hindari terlalu banyak alkohol. Menebang 4lk0h0l akan mengurangi risiko sirosis, penyakit hati yang meningkatkan risiko kanker hati. Seperti merokok biasanya bergandengan tangan dengan minum, memotong kebiasaan ini juga sangat dianjurkan. Merokok juga merupakan faktor risiko untuk kanker hati.
  • Sebuah diet seimbang dan olahraga teratur . Diet sehat yang rendah lemak dan garam dan tinggi dalam buah dan sayuran dan latihan rutin rutin akan meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan membuat tubuh Anda lebih siap untuk melawan penyakit. Plus, kebiasaan gaya hidup ini mengurangi risiko obesitas, yang sering dikaitkan dengan kanker hati.
  • Hindari bahan kimia industri atau karsinogen lingkungan . Jika pekerjaan Anda mengharuskan menggunakan bahan kimia industri atau karsinogen lingkungan, pastikan semua langkah-langkah perlindungan terpenuhi. Juga, jika mungkin, cobalah untuk mencari alternatif alami untuk bahan kimia ini.
  • Skrining rutin dalam kasus riwayat keluarga kanker hati . Jika ada riwayat keluarga penyakit yang meningkatkan risiko kanker hati, Anda harus disaring secara teratur. Karena tidak ada tes skrining rutin secara luas direkomendasikan untuk kanker hati, orang-orang dengan riwayat keluarga penyakit atau faktor risiko lain harus berbicara dengan dokter mereka tentang langkah-langkah yang dapat dilakukan untuk memantau atau mengurangi risiko mereka. Menurut Cancer Center Komprehensif Nasional (NCCN), orang-orang dengan risiko tinggi mengembangkan kanker hati harus dilakukan alpha-fetoprotein (AFP) tes darah dan ultrasound setiap 6 sampai 12 bulan.
  • Pengujian rutin . Kanker hati adalah yang paling dapat diobati jika terdeteksi dini, yang, lebih atau kurang, kasus dengan setiap penyakit. Memiliki pengujian rutin akan memungkinkan Anda untuk mengidentifikasi perubahan awal, terutama jika Anda memiliki faktor risiko yang disebutkan di atas atau gejala.

ANDA BISA MENDAPATKAN DIPERIKSA UNTUK HATI KANKER SEBELUM ANDA PUNYA GEJALA?

Seperti disebutkan di atas, gejala kanker hati biasanya muncul dalam stadium lanjut yang membuatnya pengobatan yang berhasil cukup sulit. Secara umum, dokter tidak menyarankan tes skrining untuk kanker hati bagi kebanyakan orang. Bahkan American Cancer Society tidak memiliki rekomendasi untuk skrining kanker hati. Namun, jika Anda memiliki faktor risiko yang diketahui, termasuk minum berat, sirosis, atau hepatitis, dokter akan merekomendasikan pengujian.

Dalam kasus Anda memiliki sirosis hati, Anda akan dimonitor oleh dokter Anda, dan ini mungkin meminta diulang tes darah untuk alpha-fetoprotein (AFP). Sebagai AFP merupakan penanda tumor untuk kanker hati, nilai yang tinggi dapat mengindikasikan kanker hati. Ini akan membutuhkan pengujian lebih lanjut.

Pencitraan USG hati adalah skrining lain yang digunakan untuk menemukan kanker hati sebelum memberikan gejala pada orang yang berisiko tinggi. Jika Anda termasuk kelompok ini, dokter mungkin meminta Anda untuk melakukan ultrasound setiap 6 bulan.

MRI atau CT scan juga dilakukan untuk diagnosis.
UTAMAKAN KESEHATAN MU !! INILAH GEJALA AWAL KANKER HATI YANG TIDAK DIRASAKAN GEJALANYA TAPI FATAL AKIBATNYA...!!! UTAMAKAN KESEHATAN MU !! INILAH GEJALA AWAL KANKER HATI YANG TIDAK DIRASAKAN GEJALANYA TAPI FATAL AKIBATNYA...!!! Reviewed by Unknown on 07.29 Rating: 5

LIFESTYLE

LIFESTYLE