Hei Kalian Para Bunda, JANGAN KOMPRES ANAK DEMAM DENGAN AIR DINGIN !!


Meskipun terkesan jadul, namun mengompres waktu demam terbilang cukup efektif, ditambah lagi bila dalam keadaan yang menekan, seperti si kecil demam tengah malam. Sayangnya, banyak orang-tua yang tidak berhasil menurunkan demam si kecil dengan cara dikompres. Bukannya turun, namun demamnya malah lebih tinggi. Mengapa demikian?

Banyak orang yang salah kaprah, waktu demam mengompres dengan air dingin. Padahal yang benar yaitu kompres dengan air hangat. Pasalnya, menurut Dokter Spesialis Anak, Mulya Rahma Karyanti, es malah meningkatkan suhu tubuh. Jadi janganlah mengompres dengan menggunakan air dingin.

Kompres dengan air hangat bisa membuka pori-pori, hingga panas pada tubuh dapat keluar melalui pori-pori itu. Kompres bisa dilakukan selama sekitar 15 menit. Kompres juga tak efektif bila diletakkan pada kening ataupun kepala anak. Kompres yang benar, yakni diletakkan pada daerah lipatan seperti ketiak serta daerah paha.

"Kepala kurang efektif karena terhalang tulang tengkorak. Jadi yang efektif di lipatan-lipatan pembuluh darah besar. Di situ pembuluh darah lewat terjadi penguapan. Tujuannya, supaya panas keluar melalui pori-pori tubuh, "jelas Ketua Divisi Infeksi serta Pediatri Tropik Departemen Pengetahuan Kesehatan FKUI itu.

Selain itu, biasanya orang-tua akan menyelimuti si kecil waktu ia menggigil karena demam. Walau sebenarnya, tindakan itu malah akan meningkatkan suhu tubuh anak semakin bertambah. Resikonya anak dapat mengalami kejang-kejang sampai hilang kesadaran. Pasalnya, menggigil waktu demam berbeda dengan menggigil karena kedinginan.

"Gunakan baju tipis saja, lengan pendek hingga bila demam, panasnya keluar melalui pori-pori. Janganlah di beri baju berlapis-lapis waktu dia menggigil. Malah dapat berbahaya, ” paparnya.

Hal terpenting waktu anak demam yaitu tetap memberikannya makanan serta minuman sesering mungkin supaya ia tetap tercukupi asupan kalorinya dan tak terjadi dehidrasi. Bila panas tidak kunjung turun, sebaiknya segera bawa si kecil ke dokter anak untuk memperoleh penyembuhan selanjutnya. (kompas. com)
Hei Kalian Para Bunda, JANGAN KOMPRES ANAK DEMAM DENGAN AIR DINGIN !! Hei Kalian Para Bunda, JANGAN KOMPRES ANAK DEMAM DENGAN AIR DINGIN !! Reviewed by Unknown on 08.52 Rating: 5

LIFESTYLE

LIFESTYLE