TOLONG SAMPAIKAN INI KEPADA ORANG TERCINTA ANDA !!! JIKA ANDA SEWAKTU-WAKTU MENGALAMI SERANGAN JANTUNG TIBA-TIBA SAAT SENDIRIAN, INILAH CARA MENGATASINYA...!! SEHINGGA NYAWA ANDA ATAU ORANG TERCINTA ANDA TERSELAMATKAN....!!


Jantung yaitu organ tubuh yang sangatlah v!t4l untuk tubuh. Ukurannya sebesar kepalan tangan orang dewasa dengan berat sekitar 300 gr serta terdapat didalam rongga dada bagian kiri, ada diantara paru-­paru kanan serta kiri. Karena perannya yang sangatlah penting, satu serangan jantung yang datang tiba­tiba bisa merenggut nyawa.

Penyakit jantung koroner yaitu salah satu penyebab kematian nomor satu di Indonesia. Dari data statistik Federasi Jantung Indonesia, sekitar 35% masalah kematian saat ini disebabkan oleh serangan jantung. Karena berbahayanya penyakit itu, setiap orang perlu mengetahui langkah­-langkah darurat yang perlu dilakukan bila mengalami penyakit jantung yang tiba-­tiba. 

Statistik menunjukkan bahwa 80% masalah kematian disebabkan serangan jantung terjadi saat penderita sedang sendirian. Karenanya dalam artikelkesempatan ini kita akan mengulas bagaimana cara membantu diri sendiri saat sedang mengalami serangan jantung.

Kenali Gejala Awal Serangan Jantung
Penyakit jantung pada intinya bukanlah penyakit yang datang tiba-­tiba, gejala penyakit jantung sudah nampak setidaknya sebulan sebelum serangan terjadi. Sayangnya banyak orang yang meremehkan gejala­-gejala itu dan menganggapnya sebagai masalah yang biasa saja.

Sebelum kita mempelajari bagaimanakah mengatasi serangan jantung saat sedang sendirian kita perlu mengetahui tiga jenis masalah jantung yang paling umum dihadapi orang, yakni :

1. Cardiac Arrest (jantung berhenti mendadak)
Bila suatu saat anda melihat ada teman atau keluarga yang terlihat sehat serta tiba-­tiba mati mendadak maka kemungkinan dia mengalami cardiac arrest. Jantung tiba­-tiba berhenti memompa darah disebabkan aliran listrik jantung yang tidak bekerja sebagaimana mestinya. Serangan itu datang tiba-­tiba serta selalu tanpa ada gejala awal yang mendahului.

Cardiac arrest berbeda dengan serangan jantung (walau dapat disebabkan oleh serangan jantung) di mana aliran darah ke otot jantung terganggu.

2. Cardiac Arrhythmia (degup jantung tak teratur)
Degup jantung tak teratur disebabkan oleh permasalahan listrik dalam jantung yang tidak bekerja dengan baik mengakibatkan detak jantung menjadi tak teratur, terkadang sangat cepat serta dapat pula sangatlah lambat.

Walau biasanya masalah Arrhythmia tak berbahaya, masalah itu bisa pula mengakibatkan kematian bila penderita tak merubah gaya hidup menjadi lebih sehat.

3. Serangan jantung
Serangan jantung terjadi bila aliran darah berjalan tak lancar menuju jantung akibat adanya lemak atau kolesterol pada pembuluh. Kondisi itu mengakibatkan rasa sakit yang luar biasa di bagian dada serta menyebar ke lengan serta rahang penderita. Dibutuhkan tindakan medis sesegera mungkin untuk menghancurkan plak penyebab darah tersumbat.

Dalam kondisi serba darurat penderita terkadang tidak tertolong karena sedang sendirian atau orang yang menemani tak mengetahui pertolongan pertama pada penderita serangan jantung.

Dalam kondisi itu, pertolongan pertama yang paling memungkinkan yaitu penderita perlu minum obat yang bisa mengencerkan darah seperti aspirin 300 mg. Pihak medis yang mengatasi umumnya akan memberi obat untuk melarutkan gumpalan darah apabila perlu bertindak operasi untuk menormalkan kembali aliran darah menuju jantung. 

Bagaimanakah Mengatasi Serangan Jantung Waktu Sedang Sendirian? 
Waktu mengalami serangan jantung, penderita berkejaran dengan waktu, terlambat sedikit saja penderita akan kehilangan kesadaran serta akhirnya meninggal.

Bila anda mempunyai faktor resiko maka anda harus mengetahui tanda­-tanda serangan jantung. Biasanya yang perlu anda cermati yaitu dada terasa sesak serta sakit yang menyebar hingga ke lengan serta rahang yang diikuti dengan napas pendek yang disertai dengan rasa gelisah.

Bila suatu saat anda mengalami gejala itu, anda perlu waspada serta menghentikan semua aktifitas yang sedang anda lakukan. Anda harus membuat tubuh anda lebih tenang serta nyaman untuk membantu pembuluh darah lebih rileks hingga aliran darah kembali normal. Langkah selanjutnya yaitu menghubungi orang terdekat untuk meminta pertolongan.

Sembari menunggu pertolongan datang, minumlah obat aspirin 300 mg untuk mengencerkan darah, pastikan anda tak mempunyai alergi pada obat itu. Aspirin bisa memecah sumbatan pada pembuluh serta memberi waktu pada tubuh untuk menghancurkan sumbatan itu.

Di bawah ini beberapa tindakan yang perlu anda lakukan bila mengalami serangan jantung yang tiba­-tiba : 

Catatan : Prosedur itu hanya berlaku saat tak ada alternatif lain yang dapat dilakukan, dimana penderita hanya seorang diri saja.

1. Janganlah cemas. Rasa takut serta kuatir mempercepat serangan terjadi.
2. Mulailah berbatuk sekuat tenaga anda.
3. Ambillah napas dalam-­dalam serta lakukan batuk yang kuat setiap 2 detik. Lakukan terus menerus, batuk dalam serta panjang.
4. Berikanlah tekanan pada jantung dengan menekan untuk membantu mengembalikan irama jantung yang normal (nafas yang dalam akan membawa oksigen ke paru­-paru, dan batuk membantu meremas jantung serta menjaga aliran darah).
5. Sementara itu, cobalah untuk meminta pertolongan orang terdekat atau menelepon rumah sakit.

Langkah terbaik untuk meningkatkan kemungkinan bertahan hidup disebabkan penyakit ini yaitu dengan menjaga kesehatan jantung sedini mungkin. Penyakit jantung yaitu penyakit pola hidup serta karena itu biar dicegah dengan memperbaiki gaya hidup serta pola makan.

Salah satu cara mencegah penyakit jantung yang paling utama yaitu berhenti m3r0k0k serta stop minum 4lk0h0l. Dan bersamaan dengan ini mulai rajin berolahraga untuk memperlancar aliran darah dalam tubuh.

Kematian bisa terjadi kapan sana serta dimana saja. Dengan info ini semoga bisa menyelamatkan hidup Anda atau hidup orang yang di cintai, bila anda memperoleh manfaat dari artikel itu, silahkan bagikan ke teman atau keluarga yang lain.
TOLONG SAMPAIKAN INI KEPADA ORANG TERCINTA ANDA !!! JIKA ANDA SEWAKTU-WAKTU MENGALAMI SERANGAN JANTUNG TIBA-TIBA SAAT SENDIRIAN, INILAH CARA MENGATASINYA...!! SEHINGGA NYAWA ANDA ATAU ORANG TERCINTA ANDA TERSELAMATKAN....!! TOLONG SAMPAIKAN INI KEPADA ORANG TERCINTA ANDA !!! JIKA ANDA SEWAKTU-WAKTU MENGALAMI SERANGAN JANTUNG TIBA-TIBA SAAT SENDIRIAN, INILAH CARA MENGATASINYA...!! SEHINGGA NYAWA ANDA ATAU ORANG TERCINTA ANDA TERSELAMATKAN....!! Reviewed by Unknown on 09.41 Rating: 5

LIFESTYLE

LIFESTYLE