KALIAN GALAU KARENA SERING CEGUKAN?? YUK ATASI SAMPAI TUNTAS DENGAN CARA AMPUH INI...!!! SEBARKAN INFO PENTING INI YA SOBAT!


Cegukan ini memang sangat mengganggu. Meskipun bukanlah penyakit serius namun bila cegukan terus menerus ya buat kesal juga kan. Nah, sampai kini banyak yang belum tahu apakah itu cegukan. Hanya saja bila dari mulut seseorang mengeluarkan suara aneh berkali-kali tanpa disadarinya maka hal itu dapat dikatakan cegukan.

Menurut dr. Aziz Ramadhan, dalam dunia medis cegukan disimpulkan sebagai kontraksi diafragma otot di dasar paru-paru yang membatasi rongga dada serta perut, yang mengalami kejang. Kekejangan itu membuat pita suara menutup serta membuka dengan cara cepat hingga terdengar suara. Berikut tips sederhana menghentikan cegukan yang dapat kamu coba dirumah.

1. Tahan nafas
Menurut Aziz cegukan umumnya disebabkan karena rutinitas makan serta minum kita yang kacau. Hingga hal itu juga membuat pernapasan menjadi terganggu. " Tahan nafas yaitu satu cara mudah, menahan nafas dapat membuat cegukan berhenti karena kadar karbondioksida didalam tubuh bertambah tajam, " katanya. Berkurangnya kadar karbondioksida memanglah dapat mengakibatkan cegukan.

2. Mengatur nafas
Mengatur nafas dapat menyingkirkan cegukan. Mengatur nafas dapat membuat perubahan oksigen serta karbondioksida bergantian masuk ke dalam tubuh dengan teratur. " Tariklah nafas dalam-dalam dapat berulang-kali, tahan nafas selama beberapa menit lalu buanglah nafas dengan cara perlahan, " jelas Aziz lagi.

3. Minum air putih
Minum air putih, lebih baik air putih hangat akan membantu menyudahi cegukan. Hal itu karena air hangat dapat memperlancar peredaran darah serta oksigen didalam tubuh.

4. Bernafas dalam kantong kertas
Langkah tersebut akan meningkatkan karbon dioksida dalam aliran darah serta mengalihkan perhatian tubuh dari cegukan karena difokuskan untuk menyingkirkan akumulasi karbon dioksida. " Waktu bernafas, pastikan hidung serta mulut masuk ke dalam kantong, " tuturnya lagi.

5. Tidur dengan posisi terbalik
Maksud tidur dengan posisi terbalik yaitu anda menempatkan kepalamu dibawah serta kakimu diatas. Hal itu akan buat peredaran darah menjadi lancar serta peredaran oksigen bisa menuju diafragma dengan baik.

6. Mengulum gula batu atau gula pasir
Mengulum gula batu atau dapat digantikan dengan sesendok gula pasir dapat menyingkirkan cegukan. Kandungan gula yang ada pada gula batu serta gula pasir dapat m3r4n*s3ng otot diafragma. Otot diafragma yang ter4n*s4ng dapat mengakibatkan diafragma dapat berkontraksi secara teratur.

7. Mengunyah jeruk nipis
Jeruk nipis dapat digunakan untuk menyingkirkan cegukan. Caranya yaitu dengan mengiris jeruk nipis serta lalu mengunyahnya. Kandungan vitamin C pada jeruk nipis dapat menyingkirkan masalah pada impuls di syaraf vagus hingga dapat menyingkirkan cegukan.

8. Tidur dengan menekuk lutut
Langkah tersebut dapat digunakan untuk menyingkirkan cegukan. Hal itu dikarenakan cara itu dapat meningkatkan kadar karbondioksida didalam tubuh. " Langkahnya yaitu tidur berbaring, lalu dua buah lutut ditekuk ke perut. Itu dapat dilakukan dengan cara berulang-ulang, " lanjut Aziz.

9. Mengkonsumsi satu sendok selai kacang
Menyingkirkan cegukan dapat juga menggunakan selai kacang. Caranya yaitu dengan menggunakan satu sendok selai kacang lalu dikonsumsi. Selai kacang berguna untuk merubah irama dalam pernapasan karena kandungan kacang yang ada pada selai kacang itu.

10. Dikagetkan
Dokter lulusan Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) itu menyampaikan waktu orang kaget, ada jeda saat waktu badan kita berhenti bekerja dalam satu detik. " Waktu tersebut tubuh merestart semua organ-organnya. Termasuk mengatur pernafasan, " terang Aziz. Namun syaratnya harus benar-benar kaget lho, bila dibuat-buat sih tidak ngaruh!

Nah, ini lho guys 10 cara mudah yang dapat anda lakukan untuk menghentikan cegukan. Bila cegukanmu tidak berhenti juga setelah beberapa waktu, tidak ada salahnya anda mengunjungi dokter THT, karena bisa jadi ini yaitu gejala awal penyakit serius.
KALIAN GALAU KARENA SERING CEGUKAN?? YUK ATASI SAMPAI TUNTAS DENGAN CARA AMPUH INI...!!! SEBARKAN INFO PENTING INI YA SOBAT! KALIAN GALAU KARENA SERING CEGUKAN?? YUK ATASI SAMPAI TUNTAS DENGAN CARA AMPUH INI...!!! SEBARKAN INFO PENTING INI YA SOBAT! Reviewed by Unknown on 15.33 Rating: 5

LIFESTYLE

LIFESTYLE