KALIAN PARA BUNDA PERLU TAHU INI !!! INILAH TANAMAN OBAT YANG SANGAT MUJARAB MEMBERANTAS CACINGAN PADA ANAK!!! "TOLONG BERITAHU PADA SELURUH IBU IBU"


Nama latin Bidani yaitu Quisqualis indica L. Tanaman itu di kenal dengan nama daerah yakni Dani, Udani, Wudani, Kacekluk, bidani, Cekluk, , Wedani, Saradengan, Tikao serta Ceguk. Efek farmakologis tanaman ini berbentuk manis, hangat, beracun (toksin), masuk meridian limpa. serta lambung, sebagai obat cacing, membantu pencernaan serta menguatkan limpa. 

Tanaman yang termasuk tanaman perdu merambat ini mempunyai kandungan zat bermanfaat diantaranya Trigolnelina, minyak lemak, Gom serta Resin. Buahnya yang matang mengandung potassium quisqualata, lemak jenuh trigoneline, serta puridine. Kulit buah serta daunnya potassium quiquolata, sedang bunganya mengandung Cyanidinemonoglycoside. Daun serta tangkai mengandung Tanin, saponin, sulfur, calsium oksalat, lemak, perokside, protein. 

Cara mengguankan tanaman Bidani sebagai Obat : 

1. Penggunaan luar : 
Buah tumbuhan wudani digiling halus, tambahkan minyak kelapa lalu dioleskan di bagian yang sakit. 

2. Penggunaan dalam (minum) : 
3-9 gr biji kering atau 10-15 gr yang segar di rebus lalu diminum atau dijadikan pil, bubuk. Atau 30-60 gr daun segar di rebus lalu diminum. Atau 6-10 gr akar di rebus lalu diminum. 

3. Sakit kepala 
Daun wudani dihaluskan lalu digunakan sebagai tapal pada pelipis. Penyakit kulit disebabkan parasit, jamur : buah wudani secukupnya dihaluskan, tambahkan minyak kelapa (Cocos nucifera L.) lalu dioleskan di bagian yang sakit. 

4. Penyakit cacing kremi (oxyuriasi) 
-Biji wudani disangrai sampai matang, dimakan dengan dikunyah ½ jam sebelum makan. Anak kecil 3-15 biji sehari, dewasa 15-30 biji sehari, dibagi untuk tiga kali makan, lakukan dengan teratur. Atau, 
-10 gr biji wudani, 10 gr biji pinang (Areca catechu L.), di rebus dengan 400 cc air sampai tersisa 200 cc, lalu disaring serta diminum airnya hangat-hangat. 

5. Penyakit cacing gelang (ascariasis) 
-Untuk anak-anak 3-5 biji wudani, ditumbuk lalu dikonsumsi. 
-2 jari akar wudani, gula jawa seperlunya, di rebus dengan 400 cc air sampai tersisa 200 cc, lalu disaring serta diminum pagi hari sebelum makan. 

6. Penyakit cacing tambang (ankylostomiasis) 
30 biji wudani dicuci bersih lalu digiling halus, seduh dengan 100 cc air panas, tambahkan satu sendok makan madu, diminum hangat-hangat malam hari sebelum tidur. 

7. Berat badan berkurang pada anak-anak (infantile malnutrition) 
Sebanyak 6 gr tumbuhan wudani di rebus dengan 300 cc sampai tersisa 100 cc, lalu disaring serta diminum airnya. 

Peringatan!! : 
-Sebelum dan sesudah makan obat ini, janganlah minum teh kerena menambah gejala yang tidak diinginkan (efek samping obat). 
-Kelebihan dosis bisa menyebabkan rasa pening, muntah, cegukan, sakit perut, diare, yang akan hilang dengan sendirinya.
KALIAN PARA BUNDA PERLU TAHU INI !!! INILAH TANAMAN OBAT YANG SANGAT MUJARAB MEMBERANTAS CACINGAN PADA ANAK!!! "TOLONG BERITAHU PADA SELURUH IBU IBU" KALIAN PARA BUNDA PERLU TAHU INI !!! INILAH TANAMAN OBAT YANG SANGAT MUJARAB MEMBERANTAS CACINGAN PADA ANAK!!! "TOLONG BERITAHU PADA SELURUH IBU IBU" Reviewed by Unknown on 07.54 Rating: 5

LIFESTYLE

LIFESTYLE